PENGGUNAAN MEDIA ELIS-CLAPO DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SAINS KELAS 5 MIN 1 MAGELANG

Authors

  • Edi Martani MIN 1 Magelang Jawa Tengah

Keywords:

Media Pembelajaran, Elis-Clapo, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan media Elis-Clapo dalam meningkatkan motivasi belajar sains di kalangan siswa kelas 5 MIN 1 Magelang. Elis-Clapo, sebagai media pembelajaran berbasis teknologi, digunakan sebagai sarana untuk memperkaya pengalaman belajar sains siswa. Penelitian ini melibatkan observasi kelas, wawancara dengan siswa dan guru, serta analisis data dari angket yang diberikan kepada 50 responden siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Elis-Clapo berkontribusi signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sains. Sebanyak 75% dari responden menyatakan bahwa penggunaan Elis-Clapo telah meningkatkan minat mereka untuk belajar sains, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan. Siswa cenderung lebih terlibat dan termotivasi ketika teknologi digunakan dengan bijak dan relevan dalam konteks pembelajaran. Ditemukan sumbangan penggunaan Elis-Clapo sebesar 50.13% terhadap motivasi belajar siswa, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor di luar penelitian ini. Hasil ini menyoroti pentingnya pendekatan berbasis teknologi dalam meningkatkan semangat belajar sains di kalangan siswa kelas 5, dan memberikan panduan berharga bagi pendidik dalam mengintegrasikan teknologi dalam kurikulum mereka untuk mencapai hasil pembelajaran yang lebih positif dan memuaskan.

References

Ardika Yasa & Yudana (2023).Strategi Guru Dalam Mengelola Manajemen Pendidikan Berbasis Seni. Widya Sundaram: Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya. E-ISSN: Vol 01, No 01, Maret 2023

Fakhrudin, Ali, and Arief Kuswidyanarko. “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality Sebagai Upaya Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Muara Pendidikan 5 (December 20, 2020): 771–776.

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064-1074.

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-109.

Sardiman, AM. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Sarnoto, A., Hidayat, R., Hakim, L., Alhan, K., Sari, W., & Ika, I. (2023). Analisis Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 82-92. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2915

Sivakumar, A., Jayasingh, S., & Shaik, S. (2023). Social Media Influence on Students’ Knowledge Sharing and Learning: An Empirical Study. Education Sciences, 13(7), 745. MDPI AG. Retrieved from http://dx.doi.org/10.3390/educsci13070745

Ulfaida, U., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online terhadap Hasil Belajar melalui Minat Belajar Siswa pada Kelas X OTKP di SMKN 1 Lamongan. Jurnal Edukasi, 8(2), 25-31.

Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiguna, F. A., & Damayanti, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPS di SDN Ngadirejo Kota Kediri. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara,3(2), 175-188. https://doi.org/10.29407/jpdn.v3i2.11787

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Edi Martani. (2023). PENGGUNAAN MEDIA ELIS-CLAPO DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SAINS KELAS 5 MIN 1 MAGELANG. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(4), 1166–1176. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/136