PENERAPAN SQRQCQ UNTUK MEMAHAMI ISI BACAAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA 2023 UNIVERSITAS SILIWANGI
Keywords:
SQRQCQ, Kualitatif, Membaca PemahamanAbstract
Metode SQRQCQ yaitu salah satu metode dalam membaca supaya pembaca lebih mudah memahami suatu teks bacaan. Penelitian ini yaitu supaya mengetahui kemampuan dalam memahami suatu teks bacaan khususnya pada mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Siliwangi angkatan 2023. Peneltian ini dilakukan di kelas dengan waktu yang menyesuaikan jadwal mata kuliah di masing-masing kelas, dan metode SQRQCQ terdapat beberapa tahapan dari mulai survey, question, read, question, compute dan question. Teknik pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi secara langsung kemudian kita membagikan suatu teks pada setiap mahasiswanya dan ketika pelaksanaan kita mengikiti langkah-langkah sesuai dengan arahan yang dijelaskan sehingga mahasiswa tersebut bisa melakukan arahan tersebut dan akhirnya bisa memecahkan masalah dari isi bacaan tersebut, karena dalam SQRQCQ ini teks bacaannya lebih ke soal cerita hitungan seperti matematika, jadi para pembaca harus mampu memecahkan masalah yang tertera dengan jawaban yang tepat. Metode yang digunakan adalah kualitatif sehingga hasilnya akan tergambar dan metode SQRQCQ ini sangat cocok digunakan untuk soal cerita yang terdapat hitungan, karena lebih mudh dipahami oleh setiap pembacanya.
References
Amanda, F. (2020). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode SQ3R Siswa Kelas V SDN 03 Wirotaman. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 173-180
Artis, A. B. (2008). Improving marketing students' reading comprehension with the SQ3R method. Journal of Marketing Education, 30(2), 130-137.
Artu, N. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Pembina Liang Melalui Penerapan Strategi Survey Questions Reading Recite Review (SQ3R). Jurnal Kreatif Online, 2(2).
Fadhli, M., Muttaqin, S. T., Janner Simarmata, S. T., & Kom, M. (2020). Panduan Belajar Manajemen Referensi dengan Mendeley. Yayasan Kita Menulis.
Harras, K. A. (2011). Hakekat Membaca. Jakarta: Depdikbud PPGLTP.
Hidayah, N., Suwandi, S., & Hastuti, S. (2014). Penerapan Metode Pqrst Untuk Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. BASASTRA, 2(3).
Kemampuan Membaca Kritis dengan Menggunakan Teknik SQ3R Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Krismanto, Wawan and Halik, Abdul and sayidiman, sayidiman (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 46 PAREPARE. Jurnal Publikasi Pendidikan, 5 (3). pp. 234-242. ISSN 2088-2092
Laily, I. F. (2014). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1).
Pratiwi, V. U., Astuti, P. I., & Handayani, S. (2015). Kemampuan Membaca Teks Bahasa Inggris. Magister Scientiae, (38), 132-142.
Riadi, B. (2015). Kemampuan membaca kritis dengan menggunakan teknik sq3r mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia. Aksara: Jurnal bahasa dan sastra, 16(2).
Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.
Tarigan, H.G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit CV Angkasa.
Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). Model pembelajaran cooperatif integrated reading composition berpola lesson study meningkatkan keterampilan membaca dan menulis. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 203-211.
YUNDASARI, O. (2017). Efektivitas Metode Sqrqcq Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 4(3).
YUNDASARI, O. (2017). Efektivitas Metode Sqrqcq Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 4(3).