PENGARUH PENDIDIKAN BILINGUAL TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF (SEBUAH STUDI PUSTAKA PADA ANAK USIA DINI)

Authors

  • Silviani Universitas Siliwangi
  • Putri Trian Pradita Universitas Siliwangi
  • Ichsan Fauzi Rachman Universitas Siliwangi

Keywords:

Bilingualisme, Kognitif, Perkembangan

Abstract

Di era globalisasi menjadi bilingual adalah sebuah tuntutan khususnya penguasaan bahasa Inggris. Sehingga para orang tua berbondong-bondong mengajarkan anaknya belajar bahasa Inggris dari sejak kecil seperti, dengan memasukkannya ke sekolah yang sudah menerapkan pendidikan bilingual di mana bahasa inggris menjadi bahasa pengantar juga dalam kegiatan belajar mengajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari adanya pendidikan bilingual yang menjadikan seseorang bilingualisme terhadap perkembangan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan penelitian library research atau penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian kepustakaan merupakan penelitian yang dilakukan dengan menganalisis data yang bersumber dari artikel, buku, atau apa pun itu yang dapat dipercaya. Oleh karena itu penelitian kualitatif dilakukan dengan desain di mana hasil penelitiannya tidak dituangkan dalam berupa angka namun dituangkan ke dalam deskripsi-deskripsi dan menjadikan sumber-sumber yang telah ditemukan sebagai kunci instrumen penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bilingualisme berpengaruh baik terhadap perkembangan kognitif anak meskipun ada pernyataan seperti rasa kekhawatiran akan terjadinya speech delay. Sehingga tidak perlu lagi takut jika anak kecil sudah diajarkan bahasa asing.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. (2004). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta

Charisy, H. G., & Salamah, S. (2000). Jurnal Edukasi Sumba ( JES ) Pengaruh Bilingualisme Terhadap Perkembangan Kognitf Pada Anak.

Hidayati, N. N. (2020). Bilingualisme dan multilingualisme: Pro dan kontra pada perkembangan bahasa dan kognitif anak. AL HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, 10(1), 91–104. http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/alhikmah/article/view/3492

Panjaitan, N. A. S., Rambe, M. H., Ahadi, R., & Nasution, F. (2023). Studi Pustaka: Konsep Bilingualisme dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Journal on Education, 5(2), 3788–3795. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1061

Pransiska, R. (2018). Kajian Program Bilingual. EDUKASI : Jurnal Pendidikan, 10(2), 167–178. http://journal.ummgl.ac.id/index.php/edukasi/article/view/2409

Wahidah, A. F. N., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 4(1), 43–62. https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10940

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Silviani, Putri Trian Pradita, & Ichsan Fauzi Rachman. (2024). PENGARUH PENDIDIKAN BILINGUAL TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF (SEBUAH STUDI PUSTAKA PADA ANAK USIA DINI). INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 281–286. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/286

Issue

Section

ARTICLES