TRANSFORMASI MELALUI LITERASI DIGITAL: PERAN GENERASI MUDA DALAM MEWUJUDKAN SDGs DAN DAYA SAING GLOBAL

Authors

  • Nabila Septiana Putri Universitas Siliwangi
  • Nafisa Saradeba Universitas Siliwangi
  • Ichsan Fauzi Rachman Universitas Siliwangi

Keywords:

Literasi Digital, Minat Baca, Generasi Muda, Media Sosial, SDGs

Abstract

Meskipun kemajuan teknologi telah memberikan akses informasi yang luas, namun tingkat literasi di Indonesia masih rendah, terutama dalam hal minat baca. Faktor internal seperti kurangnya minat baca dan motivasi, serta faktor eksternal seperti lingkungan keluarga yang kurang mendukung, menjadi penyebab utama rendahnya tingkat literasi. Melalui pemanfaatan literasi digital dan media sosial, generasi muda dapat menjadi agen perubahan dalam meningkatkan literasi, kritis, dan memilah informasi yang benar. Metode penelitian literature review digunakan untuk mendukung argumen, dengan mengacu pada beberapa penelitian terkait. Hasilnya menunjukkan bahwa literasi digital memiliki potensi besar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas generasi muda. Generasi muda dapat memanfaatkan platform media sosial sebagai sarana pembelajaran dan edukasi, serta mengembangkan konten-konten edukatif yang menarik dan terverifikasi untuk meminimalisir penyebaran hoax. Selain itu, inovasi literasi digital berbasis game edukasi juga dapat menjadi solusi untuk meningkatkan minat baca. Implementasi program SDGs, khususnya pendidikan yang berkualitas, menjadi penting dalam mengatasi masalah literasi di Indonesia.  

References

Amirya, M., & Irianto, G. (2023, Juni). TANTANGAN IMPLEMENTASI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SGDs) DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, Vol. IX(1), 191. 10.24252/jiap.v9i1.38916

Fitriyani, F., & Nugroho, A. (2022, Juni). Literasi Digital di Era Pembelajaran Abad 21. El-Mujtama Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 2(2), 201-208. 10.47467/elmujtama.v2i3.1088

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022, Agustus 24). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol 7(No 3b), 1437-1441. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774

Meilinda, N., Malinda, F., & Aisyah, S. M. (2020, Juli). LITERASI DIGITAL PADA REMAJA DIGITAL (SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL BAGI PELAJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS). Jurnal Abdimas Mandiri, Vol 4(No 1). http://dx.doi.org/10.36982/jam.v4i1.1047

Merawati, D. (2023, Januari). Optimalisasi gerakan literasi melalui SDGs desa untuk mencapai generasi emas di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, Vol 3(3), 295. 10.17977/um063v3i3p294-312

Nabila, L. N., Utama, F. P., Habibi, A. A., & Hidayah, I. (2023, February). Aksentuasi Literasi pada Gen-Z untuk Menyiapkan Generasi Progresif Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Education Research, Vol 4(1), 32. 10.37985/jer.v4i1.113

Naufal, H. A. (2021, Oktober). LITERASI DIGITAL. Jurnal Perspektif, Vol 1(No 2), 200. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Palupi, M. T. (2020, Maret). HOAX: PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN EDUKASI DI ERA LITERASI DIGITAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER GENERASI MUDA. Jurnal Skripta, Vol 6(No 1), 8. https://doi.org/10.31316/skripta.v6i1.645

Solihin, L., Utama, B., Pratiwi, I., & Novirina. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 provinsi. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/13033

Sugiarto, D., Chotimah, C., & Junaris, I. (2023, Juli). KAJIAN LITERATUR : E-LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, Vol 14(No 3), 264-265. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i3.15795

Syabaruddin, A., & Imamudin, I. (2022, Desember). IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DI KALANGAN MAHASISWA. JURNAL EDUSCIENCE, Vol 9(3), 942-950. 10.36987/jes.v9i3.3447

Utami, D. S., & Hardini, A. T. A. (2021, Mei). Pengembangan Media Belajar Literasi Digital Berbasis Game Edukasi untuk Siswa Kelas 2 SD. JIKA PGSD Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, Vol 5(2), 222-224. (Syabaruddin & Imamudin, 2022, #)10.26858/jkp.v5i2.20162

Wahyudin, D., & Adiputra, C. P. (2019, Juni). ANALISIS LITERASI DIGITAL PADA KONTEN INSTAGRAM @INFINITYGENRE. WACANA Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, Vol 18(No 1), 31-32. http://dx.doi.org/10.32509/wacana.v18i1.744.

Wanda, E. M. (2024, Januari). Pengaruh Literasi Digital Pada Generasi Z Terhadap Pergaulan Sosial Di Era Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Jurnal Sosial Teknolog, Vol 3(12), 1037. 10.59188/jurnalsostech.v3i12.1078

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Nabila Septiana Putri, Nafisa Saradeba, & Ichsan Fauzi Rachman. (2024). TRANSFORMASI MELALUI LITERASI DIGITAL: PERAN GENERASI MUDA DALAM MEWUJUDKAN SDGs DAN DAYA SAING GLOBAL. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 348–356. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/289

Issue

Section

ARTICLES