PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS LITERASI DIGITAL IMPLEMENTASI DAN DAMPAKNYA UNTUK MENDUKUNG PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN
Keywords:
Kurikulum, Literasi Digital, Pembangunan BerkelanjutanAbstract
Konsep pembangunan berkelanjutan dapat dikembangkan melalui pendidikan. Perubahan kurikulum memegang peranan penting dalam arah pembelajaran untuk menyesuaikan sistem pembelajaran dengan perkembangan teknologi saat ini. Integrasi literasi digital bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan karakter siswa, serta menciptakan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Kemudian mampu menciptakan generasi yang cerdas dan berkualitas. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur. Metode ini dilakukan dengan cara memahami dan menganalisis jurnal-jurnal yang diperoleh dari peneliti terdahulu untuk mendapatkan ide atau data yang relevan. Hasil penelitian menjelaskan bagaimana implementasi kurikulum berbasis literasi digital dalam praktiknya dan dampaknya terhadap pembangunan berkelanjutan. Di era Revolusi Industri 4.0, digitalisasi menjadi hal yang perlu diperhatikan bagi semua kalangan. Di bidang pendidikan, pemerintah memperkenalkan kurikulum literasi digital dengan meluncurkan buku-buku digital. Implementasi ini berpotensi mendukung Pembangunan Berkelanjutan.
References
AgusDwiSantoso, R. H. (2023). ANALISIS IMPLIKASI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKANDIGITAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN PENGALAMANSISWA. (Vol. 3 No. 2: Jurnal Cahaya Mandalika), 1749-1755. https://doi.org/10.36312/jcm.v3i2.2247
Ciek Sandrasyifa Ully, N. N. (2024, April 3). TEKNOLOGI BERPERAN PENTING DALAM PENDIDIKAN LANJUTAN. Vol. 1, No. 3 April 2024, Hal. 133-141, 15, 133-141. https://doi.org/10.62017/jppi.v1i3.986
Daring, P. L. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring. ANUVA Volume 4 (2): 231-240, 2020, 231-240. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.231-240
Diah Lestari, M. A. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat Kurikulum dalam Pendidikan. Vol. 02 No. 05 (October 2023), 85-88. https://doi.org/10.4444/jisma.v2i6.840
Eva Luthfi Fakhru Ahsani, N. W. (2021). PENGUATAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Volume 8 nomor 2 Juli 2021, 228-236. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2997001&val=27000&title=PENGUATAN%20LITERASI%20DIGITAL%20DALAM%20PEMBELAJARAN%20DI%20SEKOLAH%20DASAR%20INDONESIA%20DEN%20HAAG
Lasrohana Malau, S. P. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital melalui Metode Storytelling dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa-Siswi Kelas VII di SMP N 1 Tarabintang. Volume 5, Nomor 9, September 2022 (3366-3370), 3366-3369. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.845
Linda Eka Pradita, U. R. (2023). Buku Digital Berwawasan Lingkungan Sebagai Upaya Menumbuhkan Ekoliterasi Anak. Volume 7 Issue 6 (2023) Pages 7262-7276, 7262-7275. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5430
Lutfi Anjarwati, D. R. (2021). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan. Vol. 3, No.2, Desember 2021, hal. 87-92, 87-92. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19420
Mohammad Mulyadi, T. R. (2015). Pembangunan Berkelanjutan: Dimensi Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan. jakarta pusat: P3DI Setjen DPR RI dan Azza Grafika.
Naufal, H. A. (n.d.). Literasi Digital. (Vol 1 No 2 (2021)), 195-202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Nurjannah. (2022). Tantangan Pengembangan Kurikulum dalam Meningkatkan Literasi Digital Serta. Volume 6 Nomor 4 Tahun 2022 Halaman 6844 - 6854, 1-11. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3328
Rahadian, A. (2016). STRATEGI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN. Volume III, No. 01, Februari 2016, 46-56. https://www.academia.edu/download/56066458/strategi-pembangunan-berkelanjutan._AML.pdf