PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Model Cooperative Integrated Reading and Composition, Keterampilan Menulis, ArtikelAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengatahui pengaruh model CIRC berdasarkan temuan dilapangan bahwa kemapuan siswa kelas IV menulis cerita yang masih rendah. Penelitian ini menggunakan jenis Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Posstest Only Control Design. Dengan jumlah populasi sebanyak 52 siswa kelas IV. Berdasarkan hasil uji-T menunjukkan nilai Sig.(2-teiled) sebesar 0,0035< 0,05 yang menunjukkan kurang dari 0.05. Maka disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Dilihat dari hasil pembelajaran aktivitas siswa pada aktivitas kedua dan keempat yang menunjukkan hasil baik yang sama yaitu sebanyak 34,6 %. Dan pada aktivitas ketiga dan keenam yang memperoleh nilai cukup terbanyak dengan hasil 50%.
References
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230
Fauziyyah, H. F., & Suryana, Y. (2018). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition terhadap Kemampuan Siswa dalam Menulis Paragraf Deskripsi di Sekolah Dasar Undang-Undang. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 27–34.
Kusumawardani, S., Diyanti, R., & Santoso, G. (2020). Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC ) pada Siswa Kelas VB di SDN Pondok Pinang 10. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(23), 140–151.
Lestari, A. S., Azmy, B., Susiloningsih, W., Guru, P., Dasar, S., Pedagogi, F., Pgri, U., & Buana, A. (2023). Jurnal Pendidikan : Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Pada Siswa Kelas IV SD. 2(5), 114–123.
Magdalena, R. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Ringkasan Teks Bacaan Melalui Model Pembelajaran Teknik CIRC ( Cooperative Integrated Reading Composition ). Deiksis, 9(02), 194. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1605
Margono, M. (2017). Upaya Mengatasi Kesulitan Memahami Bacaan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Studi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 38 Rejang Lebong. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 171. https://doi.org/10.29240/jpd.v1i2.316
Nailufar, D. (2022). Pengaruh Literasi Terhadap Minat Baca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Snhrp, April, 1184–1190. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/450%0Ahttps://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/download/450/393
Nurjanah, E., Dia, E., & Romadlona, R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ). In JPDI: Jurnal Pendidikan Dasar Islam (Vol. 3, Issue 1).
Rahmadhani, P., & Fitra Surya, Y. (2022). Penerapan Metode CIRC untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue 1).