ANALISIS KEBERHASILAN MENYIMAK BIOGRAFI SAPARDI DJOKO DAMONO SECARA DARING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SILIWANGI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA ANGKATAN 2023 KELAS C

Authors

  • Muhammad Firhan Ariz Universitas Siliwangi
  • Dandi Mardiansyah Universitas Siliwangi
  • Indra Setiawan Universitas Siliwangi
  • Yuni Ertinawati Universitas Siliwangi

Keywords:

Menyimak, Biografi, Sastrawan, Pendidikan, Bahasa, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keberhasilan menyimak terhadap mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi angkatan 2023 kelas C. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi naik-turunnya kemampuan menyimak para mahasiswa yang diteliti dalam pelaksanaan perkuliahan secara daring (dalam jaringan). Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan pengumpulan sampel data yang dilakukan dengan melaksanakan pembelajaran menyimak secara daring menggunakan platform zoom terhadap para mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi angkatan 2023 kelas C. kemampuan menyimak sangat mendukung kegiatan pembelajaran di jenjang mana pun itu. Bahkan, kemampuan ini juga sangat berpengaruh pada kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, perlu diberikan pemahaman tentang pentingnya kemampuan menyimak ini, terutama dari sejak jenjang Sekolah Dasar. Pembelajaran menyimak biasanya lebih maksimal apabila menggunakan model pembelajaran yang berbasis audio atau audio visual. Adapun materi yang disajikan sebagai bahan simakan terhadap mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi angkatan 2023 kelas C  yakni video biografi singkat dari Sapardi Djoko Damono. Data yang telah didapatkan kemudian diolah dan mendapat kesimpulan bahwa kemampuan menyimak para mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi angkatan 2023 kelas C pada saat pelaksanaan pembelajaran menyimak sudah cenderung baik.

References

Awliyah, Rizka Febriyani, Fina Raudlatul Jannah , Suyadi, dan Arif Mustofa. 2019. “Aspek Perkembangan Bahasa Anak pada Tingkat Sekolah Dasar.” JPE (Jurnal Pendidikan Edutama) 6(1), 59–64.

Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: kemendikbud.

Listiani, N. M. (2017). Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pemasaran Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 263. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p263-275.

Putri H., R. E., & Wulandari, T. A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Sebagai Media E-Learning Dalam Mencapai Pemahaman Mahasiswa Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Common, 4(2), 171–190. https://doi.org/10.34010/common.v4i2.4436

Septya, Jelita Dwi, Dkk. 2022. ”Pembelajaran Menyimak Berbasis Pendidikan Karakter.” JURNAL MULTI DISIPLIN DEHASEN (MUDE)., 1(3), 365-368.

Setiyaningsih Ika, Dkk. 2016. Bahasa Indonesia Mata Pelajaran Wajib. Klaten. Intan Pariwara.

Soemanto, Bakdi. 2006. SAPARDI DJOKO DAMONO: Karya dan Dunianya. Jakarta: PT Grasindo.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Muhammad Firhan Ariz, Dandi Mardiansyah, Indra Setiawan, & Yuni Ertinawati. (2024). ANALISIS KEBERHASILAN MENYIMAK BIOGRAFI SAPARDI DJOKO DAMONO SECARA DARING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SILIWANGI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA ANGKATAN 2023 KELAS C. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 271–280. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/310

Issue

Section

ARTICLES