ANALISIS TEKS DRAMA “LAA TAGDHOB” KARYA AZIS A. ADHIDARWA DENGAN PENDEKATAN MIMETIK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BAHAN AJAR DI SMP

Authors

  • Ferani Siti Nurhanifah Universitas Siliwangi
  • Salsabila Putri Rahmawati Universitas Siliwangi
  • Eulis Siti Nurallawiah Universitas Siliwangi
  • Siti Asiah Universitas Siliwangi
  • Neng Ira Hoerunnisa Universitas Siliwangi
  • Adita Widara Putra Universitas Siliwangi

Keywords:

Mimetik, Drama, Peserta didik

Abstract

Artikel ini membahas analisis fakta sosial "Laa Tagdhob", sebuah naskah drama yang ditulis oleh Azis A Adhidarwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi fakta sosial yang terdapat dalam naskah drama “Laa Tagdhob” serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan mimetik untuk menganalisis fakta sosial. Melalui analisis kritis terhadap naskah, penelitian ini mengeksplorasi fakta-fakta sosial yang terdapat dalam naskah drama, mengukur kemampuan peserta didik dalam menganalisis naskah drama, serta mengetahui naskah drama tersebut cocok atau tidak untuk digunakan sebagai bahan ajar di SMP kelas VIII. Analisis menunjukkan bahwa fakta sosial yang terdapat dalam naskah drama yaitu terdapat nilai moral, sosial, politik, dan kekeluargaan. Hasil analisis juga menunjukan bahwa 85% peserta didik dari kelas unggulan dan regular mampu menganalisis fakta sosial yang terdapat pada naskah drama dengan skor yang diperoleh ≥ 75. Selain itu, naskah drama ini cocok digunakan sebagai bahan ajar di SMP kelas VIII

References

Endaswara, S. (2011). Metodologi Penelitian Sosiologi Sastra. Jakarta: Buku Seru.

Muslim, B. (2016). Fakta Sosial Dalam Puisi "Telepon Genggam" dan "Selamat Tidur' Karya Joko Pinurbo dengan Pendekatan Mimetik dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Repositori UIN Syarif Hidayatullah, 12-22. Dipetik Mei 24, 2024, dari https://www.repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32093

Ni Luh Putu Wisiani, M. S. (2020). Pembelajaran Drama Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Pada Kurikulum 2013. JPBSI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 37-45. Dipetik Mei 24, 2024, dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS

Pratama, T. A. (2018). Naskah Drama Muntangan Alif Karya R. Hidyat Suryalaga Untuk Bahan Pembelajaran Membaca Drama Di SMP/MTS. LOKABASA, Vol. 9 No. 1, 95-106. Dipetik Mei 24, 2024, dari https://repository.upi.edu/32319/

Putra, A. W. (2022). Ini Drama: Apresiasi dan Produksi Pertunjukannya. Tasikmalaya: Langgam Pustaka.

Putri Trian Pradita, S. A. (2024). Classification of Emotions of The Characters Dadang and Dudung in The Play Laa Tagdhob by Azis Moa (Literary Psychology Study). JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES, Vol. 2 No. 2, 519-533. Dipetik Mei 24, 2024, dari https://humasjournal.my.id/index.php/HJ/index

Ratna, N. K. (2011). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Ferani Siti Nurhanifah, Salsabila Putri Rahmawati, Eulis Siti Nurallawiah, Siti Asiah, Neng Ira Hoerunnisa, & Adita Widara Putra. (2024). ANALISIS TEKS DRAMA “LAA TAGDHOB” KARYA AZIS A. ADHIDARWA DENGAN PENDEKATAN MIMETIK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BAHAN AJAR DI SMP . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 410–421. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/318

Issue

Section

ARTICLES