PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS IV SDN MELAYU MUHAMMADIYAH KOTA MAKASSAR
Keywords:
Aplikasi Quizizz, Hasil belajarAbstract
Jenis Penelitian ini adalah jenis penelitian Pre-eksperimental design dengan model One-group preteset-posttetst. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran penggunaan aplikasi Quizizz dalam proses pembelajaran PPKn Kelas IV SDN Melayu Muhammadiyah Kota Makassar; (2) Mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar Siswa pada mata Pelajaran PPKnKelas IV SDN Melayu Muhammadiyah Kota Makassar?. Populasi pada penelitian ini berjumlah 47 orang siswakelas IVA dan IVB di SDN Melayu Muhammadiyah Kota Makassar. Adapun sampel yang digunakansebanyak 24 siswakelas IVB SDN Melayu Muhammadiyah Kota Makassar. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis diolah dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PPKn berada pada kategori sangat baik, dan keterlaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan siswa berada pada kategori baik. Hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan berada pada kategori sangat baik. Hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan independent sample t-test menunjukkan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PPKn kelas IV SDN Melayu Muhammadiyah Kota Makassar.
References
Maharani, F., Erlisnawati, & Alpusari, M. (2023). Pengaruh Penggunaan AplikasiQuizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JurnalKiprah Pendidikan, 2(1)
Mukharomah, N. (2021). Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Media PenilaianBerbasis Daring di MI AL Muqorrobiyah. Journal of Islamic Education,2(1), 12–20.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar sebagai Determinan HasilBelajar Siswa (Learning Interest As Determinant Student LeaerningOutcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, I(1).
Pandu Paksi, H., & Ariyanti, L. (2020). Sekolah dalam Jaringan. Jakarta: Scopindo Media Pustaka.
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz pada Mata Kuliah Kimia FisikaI. Journal of Dinamika Pendidikan, 12(1).
Ratumanan. (2002). Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar, Metode dan
Teknik.Tarsito.
Republik Indonesia. (n.d.). Nomor 4 Tahun 2022 tentang Perubahan atasPeraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terdapat Hasil Belajar Siswa (The Impact of Student’s Learning Interest and Motivation on Their Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, II(2).
Ruslan. (2009). Validasi Isi Buleting Pa’birinta No. 10 Tahun IV.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2018). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). PemanfaatanAplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173.
Suciningsih, (2020). Quzizz Sebagai Alat
Penilaian Hasil Belajar Dalam Masa Covid-19 Di MI Muhammadiyah Tambakan Ajibarang Banyumas.
Sulistyani, A. S. S. M. M. (2016). Metode Diskusi Buzz Group 102 dengan Analisis Gambar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar. Unnes Physics Education Journal, V(1).
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar (I). Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono.(2016).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wijaya Andy Purba. (2017). Frekuensi Tes dan Bentuk Soal Tes Serta Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi. FKIP Universitas Islam Riau. Media Neliti Journals.
Winarno. (2015). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yan mei, S., Yan Ju, S., & Adam, Z. (2019). Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. European Journal of Social Science Education and Research, 5(1), 194–198.
Zhao, F. (2019). Using Quizizz to Integrate Fun Multiplayer Activity in the
Accounting Classroom. International Journal of Higher Education, 8(1),37– 43