HUBUNGAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV UPT SPF SDN MANGKURA 1 MAKASSAR

Authors

  • Ismail Tolla Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Irfan Universitas Negeri Makassar
  • Fitri Indah Sari Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Keterampilan Sosial, Kecerdasan Interpersonal, Kemandirian Belajar

Abstract

Kemandirian terus berkembang seiring dengan perkembangan seorang anak. Perkembangan masing-masing anak tentu berbeda-beda, begitu juga dengan kemandirian antara anak yang satu dengan yang lain akan berbeda sesuai dengan tingkat perkembangannya dan juga faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui signifikansi pengaruh keterampilan sosial dan kecerdasan interpersonal secara simultan terhadap kemandirian belajar; 2) mengetahui signifikansi pengaruh keterampilan sosial secara parsial terhadap kemandirian belajar; serta 3) mengetahui signifikansi pengaruh kecerdasan interpersonal secara parsial terhadap kemandirian belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas IV UPT SPF SDN Mangkura 1 Makassar sebanyak 60 siswa dengan sample penelitian 60 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Intsrumen pengumpulan data berupa skala kemandirian belajar, skala keterampilan sosial, dan skala kecerdasan interpersonal. Instrumen penelitian diujicobakan kepada 60 siswa. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan  Uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) keterampilan sosial dan kecerdasan insterpersonal berkaitan dengan kemandirian belajar dengan sumbangan sebesar 33,5%; 2) keterampilan sosial berkaitan dengan kemandirian belajar dengan sumbangan efektif sebesar 0,261%; dan 3) kecerdasan interpersonal berkaitan dengan kemandirian belajar dengan sumbangan efektif sebesar 0,462%.

References

Adi, N. (2016). E-Commerce: Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya.

Informatika Bangung.

Agus, E. (2015). Revolusi Kecerdasan Abad 2. Alfabeta.

Agustin, E. (2015). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Dabin IV Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Universitas Negeri Semarang.

Ahmadi, A. (2014). Teknik Belajar yang Efektif. Rineka Cipta.

Aini., Pratistya, N. D. T., A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Sewon Bantul. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 48-65 https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.921

Amstrong, T. (2012). 7 Kinds off Smart: Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligence. Gramedia Pustaka Utama.

Ana, P., A., & Anike, N. (2014). Teknologi Komunikasi dan Perilaku Remaja. Jurnal Analisa Sosiologi. https://doi.org/https://doi.org/10.33474/elementeris.v3i1.10818%0A

Anderson. (2015). Introduction to Communication Theory and Practice. Cumming Public Company.

Anita, L. (2013). 101 Cara Menumbuhkan Kecerdasan Anak. Elek Media Komputindo.

Azizah, S. N., D. (2016). Hubungan Kecerdasn Interpersonal Guru Dengan Komunikasi Pembelajaran Kelompok A Di TK Se-Kelurahan Pabelan Kartasura Sukoharjo. Skripsi Thesis Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/42462/

Azwar, S. (2020). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.

Bremer, C.D., & Smith, J. (2014). Teaching Social Skills. National Center on Secondary Education and Transition Information Brief

Desmita. (2019). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya. Faridah.,

Muhammad, H,, I, & A. (2020). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Kelompok B Di Raudhatul Athfal At Tibyan Kota Malang. Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Islam Malang, 2(2). http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1129%0A

Febrina, C. (2017). Perbedaan Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Tipe-Tipe Daya Juang Siswa Kelas XII SMAN IV Kota Sukabumi. Psiko Edukasi, 13(2). http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/article/view/1559/1112

Fitri, O. (2017). Urgensi Kecerdasan Interpersonal bagi Guru. Tadrib: Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang, 3(1). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.19109/Tadrib.v3i1.1384

Fitriah, M. S. (2017). Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Analisis Psikologi Pendidikan Islam). Mahasiswa S3 Psikologi Pendidkan Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.36668/jal.v6i2.11

Goleman, D. (2017). Social Intelegence. Gramedia Pustaka Utama.

Hendrayana, A. S. (2014). Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Beasiswa Bidikmisi Di UPBJJ UT Bandung. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 15(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33830/ptjj.v15i2.591.2014

Hendrik, L. T. (2018). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Samberpasi. Metodik Didaktik: PGSD Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Biak, 14(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/md.v14i1.11384

Hidayanti, E. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Memabaca Cepat dengan Menggunakan Metode Speed Reading dan Talking Stick Pada Kelas III SDN 1 Banyu Urip Kecamatan Gerung Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Mataram : Unram Press.

Irfan, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3). https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63

Irzan, T. & E. (2016). Hubungan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 7(1). http://simpen.lppm.ut.ac.id/htmpublikasi/tahar.pdf

Jannah, M. & K. D. P. (2013). Perkembangan Kemandirian Anak Usia Dini (Usia 4-6 Tahun) di Taman Kanak-Kanak Assalam Surabaya. Character : Jurnal Penelitian Psikologi, 1(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/2714

Jasmine, J. (2017). Mengajar Dengan Metode Kecerdasan Majemuk Implementasi Multiple Intelligences. Nuansa.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Ismail Tolla, Muhammad Irfan, & Fitri Indah Sari. (2024). HUBUNGAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV UPT SPF SDN MANGKURA 1 MAKASSAR. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 477–487. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/325

Issue

Section

ARTICLES