PENGARUH MODEL PBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD HANG TUAH 10 JUANDA
Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Berpikir KritisAbstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa, siswa sering mengalami kesulitan dengan permasalahan yang belum pernah dibahas sebelumnya. Maka diperlukan gaya pembelajaran yang mengharuskan siswa membangun pemikiran mereka sendiri. Salah satu caranya adalah melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBL), yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS kelas IV di SD Hang Tuah 10 Juanda. Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel penelitian ini seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan kuesioner. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif serta analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS kelas IV di SD Hang Tuah 10 Juanda..
References
Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Ermin1, T., & Marsaoly2, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran STAD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Multietnis di SMP Negeri Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 486–494. https://doi.org/10.5281/zenodo.5781366
Farisi, A., Hamid, A., & Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(3), 283–287. http://jim.usk.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/4979
Hartuti. (2023). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Berbantuan Media Word Search Puzzle. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2(2), 801–809.
Hudha, M. N., Aji, S. D., & Permatasari, A. (2012). AUTHENTHIC PROBLEM BASED LEARNING ( aPBL ). 64–70.
Putri, A. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Kelas Viii Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2, 793–801.
Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 565–581. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12345
Risnawati, A., Nisa, K., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat SDN Wora. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 109–115. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.426
Sarimuddin, S., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Ipa Siswa Kelas V Sd Di Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 281–288. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i3.4864
Satriawan, M., & Rosmiati, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual Dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Mahasiswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1212. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1212-1217
Satwika, Y. W., Laksmiwati, H., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 7. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p7-12
Siddiq, M. N., Supriatno, B., & Saefudin, S. (2020). Pengaruh penerapan problem based learning terhadap literasi lingkungan siswa SMP pada materi pencemaran lingkungan. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 18–24. https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i