HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DAN BUDAYA BELAJAR DENGAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DI SDN BUTUNG 1 MAKASSAR

Authors

  • Abdul Saman Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Faisal Universitas Negeri Makassar
  • Ariati Rusli Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Pengelolaan Kelas, Budaya Belajar, Efektifitas Pembelajaran

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan untuk  mengetahui  adanya hubungan  positif signifikan antara pengelolaan kelas, budaya belajar terhadap efektifitas pembelajaran siswa kelas  V di SDN Butung 1 Makassar tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini ialah deskriptif korelasional yang bersifat ex post facto (pengukuran sesudah kejadian). Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V yang mana populasinya berjumlah 70 siswa yaitu seluruh peserta didik kelas tinggi SDN 1 Butung Makassar, dengan sampel yang berjumlah 32 siswa dari kelas V SDN 1 Butung Makassar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket skala likert pada pengelolaan kelas, budaya belajar dan efektifitas pembelajaran siswa. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik korelasi product moment, untuk mencari adanya hubungan mengetahui kontribusi variabel pengelolaan kelas, dan budaya belajar terhadap variabel efektifitas pembelajaran siswa. Hasil deskripsi data pengelolaan kelas, budaya belajar dan efektifitas pembelajaran memiliki kategori sedang dengan nilai presentase distribusi kategorisasi sebesar pengelolaan kelas sebesar 65,6%, budaya belajar sebesar 53% dan efektifitas pembelajaran sebesar 62,5%. Namun demikian, terdapat hubungan yang kuat karena hasil dari perhitungan korelasi product moment antara variabel pengelolaan kelas dengan efektifitas belajar memperoleh nilai sebesar 0,497 dan hasil dari perhitungan korelasi product moment antara variabel budaya belajar dengan  efektifitas  belajar  memperoleh  nilai  sebesar  0,720    dimana  memiliki tingkat hubungan yang kuat dan bernilai positif.

References

Alawiyah, Y. H. (2022). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Efektifitas Pembelajaran.Amaliah, H. (2019). Penerapan Manajemen Kelas Sebagai Upaya Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jurnal Ilmiah,1(2), 150–173. http://ejournal.inismupacitan.ac.id/index.php/tajdid/article/view/160/61

Ansar, Wahira, A. A. (2018). Pengaruh Budaya Belajar Dan Pengelolaan Kelas Terhadap Efektivitas Pembelajaran Guru Sdn Di Kecamatan Sendana .1(3), 1–8. http://eprints.unm.ac.id/19925/

Enni Keristiana Sinaga, D. (2019). STATISTIKA: Teori Dan Aplikasi Pendidikan. Yayasan KitaMenulis.

Fatonah, S. (2022). PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 6 BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Fidrayani, F., & Hadiati, E. (2020). The analysis of self-efficacy and classroom management as contributors to teacher personality of madrasah ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(1), 132-147.

Idawati Idawati. 2019. Hubungan Manajemen Kelas Dengan Hasil Belajar Siswa,” JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) 2, no. 1 : 29–33.

Kholis, R. A. N. (2017). Unsur-unsur Behaviorisme dalam Kebijakan Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan di MTs Nahdlatul Ulama Karangploso. Manajemen Pendidikan, 2.

Locke, L. F., Spirduso, W. W., & Silverman, S. J. (2013). Proposals that work: A guide for planning dissertations and grant proposals. Sage Publications.

Maradona. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV B SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 17, no. 5 : 621.

Mawadah, S. Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas IV di MI El-Syifa Ciganjur (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA).

Mudasir. (2018). Manajemen Kelas. Zanafa Publishing.

Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana Prenada Media.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sutiah. (2019). Budaya Belajar dan Inovasi Pembelajaran. Nizamia Learning Center.

Taylor, I. (1871). Physical Theory of Another Life. Bell and Daldy.

Wahyuni, L. S. (2021). PENGARUH PENGELOLAAN KELAS ONLINE TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 18 Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Weber, W. A. (1968). Relationships Between Teacher Behavior and Pupil Creativity in the Elementary School. https://eric.ed.gov/?id=ED028150

Widiasworo, E. (2018). Cerdas pengelolaan kelas. Diva Press

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Abdul Saman, Muhammad Faisal, & Ariati Rusli. (2024). HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DAN BUDAYA BELAJAR DENGAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DI SDN BUTUNG 1 MAKASSAR. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 563–573. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/331

Issue

Section

ARTICLES