MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KECERDASAN MORAL DI SEKOLAH

Authors

  • Wima Hayu Wisesa Univesitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Reza Rachmadtullah Univesitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Berbasis Kearifan Lokal, Siswa Sekolah Dasar, Kecerdasan Moral

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi penurunan moral siswa sekolah dasar. Rendahnya moral anak disebabkan faktor kurangnya pendidikan moral dari lingkungan sekolah maupun keluarga. Hal ini, dikarenakan belum ada stimulus untuk meningkatkan kecerdasan moral sesuai dengan tahapan kebutuhan peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang menarik perhatian guru yaitu model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) berbasis kearifan lokal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) berbasis kearifan lokal terhadap kecerdasan moral di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Responden pada penelitian ini yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data yaitu tes dengan menggunakan Pretest dan Posttest Nonequivalent Control Group, dan menggunakan uji-t melalui aplikasi SPSS versi 26. Hasil yang diperolehdari penelitian ini dapat disimpulkan adanya pengaruh antara model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) berbasis kearifan lokal terhadap kecerdasan moral di sekolah dasar.

References

Afrita, F., & Yusri, F. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kenakalan Remaja. 2(1), 14–26.

Aqilla, A., Latmini, Y., Uin, L., Yunus, M., & Indonesia, B. (2024). Analisis Sikap Sosial Peserta Didik Terhadap Nilai Kearifan Lokal Malomang Pada Pembelajaran IPS Di SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA) Februari, 2024, 4(1), 11–20.

Astawa, I. W. W., Putra, M., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pembelajaran PPKn dengan Model VCT Bermuatan Nilai Karakter Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. 3(2), 199–210.

Cahyaningtiyas, N., Ananthia, W., & Furnamasari, Y. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique ( VCT ) Terhadap Sikap Nasionalisme Peserta Didik Dalam Pembelajaran PKN. 1(4).

Firmansyah, Arief, M., & Wonorahardjo, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran. Pai, 5(2), 87–92.

Fitri, M. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Moral pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-15.

Hidayati, K. J. (2023). Pengaruh Model Value Clarification Technique dalam Pembelajaran PPKn terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa Kelas III SD Negeri Karangasem (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 420-425.

Ismiyanti, Y., & Afandi, M. (2022). Pendampingan Guru Sekolah Dasar Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 533. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6462

Munjiatun, M. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter: Antara Paradigma dan Pendekatan. Jurnal Kependidikan, 6(2), 334–349. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1924

Nuraeni, I., & Labudasari, E. (2021). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Religius Siswa di SD IT Noor Hidayah. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 119.

Nurjanah, S. (2023). Pengaruh Media Loose Part terhadap Kreativitas dan Motorik Halus Anak Usia Dini. 7(3), 3519–3536. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4434

Putra, A. M., Magister, P., Agama, P., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., Raden, N., Palembang, F., Astuti, M., Magister, P., Agama, P., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., Raden, N., Palembang, F., Magister, P., Agama, P., Ilmu, F.,Palembang, F. (2023). Peran pendidikan terhadap moral peserta didik. 3(2), 446–453.

Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbasis Kearifan Lokal Madura Terhadap Hasil Jurnal Education and , 8(2), 495–500.

Satianingsih, R., Budiyono, S. C., Subandowo, S., Rahmatullah, R., & Erlinda, S. (2021). Character Education in Primary Education with the Ethnopedagogical Approach: Exploring the Meaning and Structure of Culture, Beliefs, and Traditions in Madura Society. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (Jtlee), 4(2), 142. https://doi.org/10.33578/jtlee.v4i2.7893

Sudirman, S. (2022). Peranan Pembelajaran PPKn dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa. Jurnal Edukasi, 2(1), 10–20.

Susanti, A., Darmansyah, A., & Aulia, N. (2022). Upaya Pewarisan Budaya Dan Pendidikan Karakter Melalui Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan, 3, 279–286.

Suttrisno, S, Riyanto, Y., & Tjipto, W. (2020). Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, , 5(1), 718–729.

Suttrisno, Suttrisno, Elmuna, F. N., & Fithriyah, D. N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Berbasis Kearifan Lokal Bojonegoro terhadap Literasi Membaca Siswa Madrasah Ibtidaiyah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 629–634. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3087

Widiana, I. W. (2022). Model Pembelajaran Value Clarification Technique dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 179–188. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.48841

Yulistranti, A. E. K. A. (2023). Pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal silek penyudon menggunakan aplikasi anyflip di sekolah dasar.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Wima Hayu Wisesa, & Reza Rachmadtullah. (2024). MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KECERDASAN MORAL DI SEKOLAH . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 597–604. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/335

Issue

Section

ARTICLES