PENGGUNAAN MEDIA ATM (AKU TAU MEMBACA) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
Keywords:
Media ATM, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas media ATM (Aku Tau Membaca) dalam meningkatkan pemahaman cerita rakyat pada siswa kelas tiga SDN Pinggir Papas I. Menggunakan metode kualitatif, studi ini menganalisis penerapan pembelajaran dengan media ATM dan tanggapan guru serta siswa. Beberapa kendala yang diidentifikasi adalah kurangnya keterlibatan aktif sebagian siswa dalam pembelajaran tematik Bahasa Indonesia, terutama materi dongeng, karena kesulitan memahami makna dan isi bacaan. Pengembangan aplikasi ATM bertujuan menciptakan media pembelajaran berbasis Android yang memudahkan pendidik, siswa, dan wali murid memanfaatkan teknologi secara tepat, serta memberikan dampak positif pada perkembangan membaca anak dan pemahaman nilai-nilai dalam dongeng. Berdasarkan respon guru, media ATM mendapat penilaian sangat baik dengan persentase 96%. Guru menilai media ini menarik dan sangat membantu sebagai alternatif pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi. Mereka melihat ATM sebagai solusi efektif dalam mendukung proses belajar mengajar di era digital.
References
Hadi, S., Punggeti, R. N., & Meita, N. M. (2022). DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA PIMCA (PINTAR MEMBACA) TO HELP BEGINNING READING OF GRADE 1 SDN DUNGKEK 1. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2), 211–225.
Islamiah, S., Punggeti, R. N., & Puniman, A. (2023). Pengembangan Media ATM (Aku Tahu Membaca) Aplikasi Android Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 68–75. https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol2.Iss1.448
Kasanah, S. U., Rosyadi, Z., Punggeti, R. N., Arifin, F., Yasin, M., Khakim, A., Mansyur, Yudiati, R., Meita, N. M., Krismayanti, Y., & Maemunah, S. (2023). PENDIDIKAN ANTI BULLYING. In A. Arifuddin (Ed.), PENDIDIKAN ANTI BULLYING (pp. 21–28). CV. Basya Media Utama.
Prihantini, P., Sutarto, S., Punggeti, R. N., Rukmini, A., & Intes, A. (2024). The Use of ICT as a Resource and Media for Modern 21st Century Learning in Primary Schools. Journal International of Lingua and Technology, 3(1), 13–28. https://doi.org/10.55849/jiltech.v3i1.509
Punggeti, R. N. (2022). Pembiasaan Bermain Anak Berbasis Budaya Lokal Dalam Meningkatkan Karakter Positif Anak Di SDN Babbalan Batuan Sumenep. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1649
Punggeti, R. N., & Arifin, M. (2022). Penguatan Nilai Pancasila Melalui Komik Sejarah Pancasila Pada Kelas Tinggi Di SDN Babalan Sumenep. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 243. https://doi.org/10.30651/else.v6i1.12144
Punggeti, R. N., Parid, M., Supriatna, D., Junaidi, Umro, J., Jaenullah, Muspida, A., Yasin, M., & Putri, M. F. J. L. (2024). Pendidikan Karakter Antikorupsi. In B. M. Utama (Ed.), PENGANTAR PENDIDIKAN KARAKTER ANTI KORUPSI. CV. Basya Media Utama.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2019). MEDIA PENGAJARAN (Cetakan Ke). PT. Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2019). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S,Pd (ed.)). ALFABETA.