EFEKTIVITAS BUKU AJAR PERENCANAAN PENGAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS INKUIRI

Authors

  • Rahayu Fitri Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rina Sartika Universitas PGRI Sumatera Barat

Keywords:

Efektivitas, Buku Ajar Berbasis Inkuiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas buku ajar Perencanaan Pengajaran Bahasa Indonesia berbasis Inkuiri yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis RPP mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas PGRI Sumatera Barat. Efektivitas ini dapat dilihat dari hasil belajar mahasiswa ketika menulis RPP dan juga dari lembar hasil observasi mahasiswa ketika melaksanakan perkuliahan dengan menggunakan buku ajar Perencanaan Pengajaran Bahasa Indonesia berbasis Inkuiri. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan rancangan penelitian berbentuk eksperimental semu (quasi experimental research) dengan tipe one group pretest-posttest. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja menulis RPP dan lembar hasil observasi mahasiswa. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, buku ajar Perencanaan Pengajaran Bahasa Indonesia berbasis Inkuiri efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis RPP mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas PGRI Sumatera Barat. Kedua, buku ajar Perencanaan Pengajaran Bahasa Indonesia berbasis Inkuiri dapat membangkitkan semangat belajar dan membuat mahasiswa sangat aktif dalam menjalani perkuliahan Perencanaan Pengajaran Bahasa Indonesia.

References

Agustin, I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Studi pada Siswa Kelas IV SDN Sokosari 1 Tuban). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2), 186-197.

Arnyana, I. B. P. (2006). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif pada pelajaran biologi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, 3(6), 496-515.

Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 69-88.

Bruck, L. B., & Towns, M. H. (2009). Preparing students to benefit from inquiry-based activities in the chemistry laboratory: guidelines and suggestions. Journal of Chemical Education, 86(7), 820.

Citroresmi, N., & Suratman, D. (2016). Pengembangan modul matematika berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah dan berpikir kreatif matematis siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(4). DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i4.14866.

Darmayanti, V., Hariyadi, S., & Hariani, S. A. (2014). Pengembangan buku siswa berbasis inkuiri pada pokok bahasan pencemaran dan kerusakan lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Maesan Bondowoso. Pancaran Pendidikan, 3(3), 93-102.

Depdiknas. (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Fatmawati, R. (2016). Perumusan Tujuan Pembelajaran dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Inggris SD. Prosiding the 4th University Research Colloquium (URECOL) (hlm. 9-16). Stikes Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Jamil, S. (2014). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniawan, A. & Masjudin. (2017). Pengembangan Buku Ajar Microteaching Berbasis Praktik untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Calon Guru IKIP Mataram. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia dengan Tema Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif (hlm. 9-16). Mataram: IKIP Mataram.

Munthe, B. (2009). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Muslich, M. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Patta, B. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains SD. Jakarta: Depdiknas.

Restuwati, D. D., Prihatin, J., & Asyiah, I. N. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Sains Berbasis Pendekatan Inkuiri pada Sub Pokok Bahasan Bioteknologi Kelas IX SMP. Jurnal Pancaran, 3(2), 63-72.

Sahra, A. R., Subekti, S., & Patriasih, R. (2016). Pemahaman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga dalam Pembuatan RPP sebagai Hasil Belajar Perencanaan Pembelajaran. Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner, 5(1), 1-7. DOI: https://doi.org/10.17509/boga.v5i1.8427.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Uswatun, D., & Rohaeti, E. (2015). Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Critical Thinking Skills Dan Scientific Attitude Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 138 - 152. Doi: https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7498

Wena, M.. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Fitri, R., & Rina Sartika. (2024). EFEKTIVITAS BUKU AJAR PERENCANAAN PENGAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS INKUIRI . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 633–641. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/339

Issue

Section

ARTICLES