PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP KERJASAMA SISWA KELAS IV DI UPT SD NEGERI 12 BIRAENG KABUPATEN PANGKEP

Authors

  • Nurhikmah H Universitas Negeri Makassar
  • Syamsul Bachri Thalib Universitas Negeri Makassar
  • Ahmad Syawaluddin Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kerja sama

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap pembentukan sikap kerja sama siswa di Kelas IV UPT SD Negeri 12 Biraeng Kabupaten Pangkep. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan angket. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa Kelas IV di UPT SD Negeri 12 Biraeng Kabupaten Pangkep yang berjumlah 49 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah gambaran sebelum penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dimana menunjukkan kategori rendah dan setelah penerapan model pembelajaran inkuiri menunjukkan kategori sangat tinggi dan sikap kerjasama dapat digambarkan pada hasil angket yang diperoleh yaitu pada pretest mendapatkan nilai tinggi sedangkan pada posttest mendapatkan nilai tinggi serta penerapan model pembelajaran inkuiri berpengaruh secara signifikan terhadap pembentukan kerja sama siswa khususnya di Kelas IV UPT SD Negeri 12 Biraeng kabupaten Pangkep.

References

Afriyanto. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Kerjasama Siswa Pada Mata Pelajaran Sains. Jurnal Pendidikan IPA, 6(2), 127-134.

Amijaya, S.L., & dkk (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. J. Pijar MIPA.13(2). 96.

Aris Shoimin, 2014. Pembelajaran Inkuiri: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwiyanti, E. R., & Mursyidin. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi nilai-nilai karakter terhadap hasil belajar dan sikap religius siswa SMP Negeri 1 Metro. Jurnal Psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 4(1), 1-12.

Fauzi, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Kolaboratif Terhadap Sikap Kerjasama dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa SMA Negeri 1 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Islam UIN Imam Bonjol Padang, 7(2), 315-324.

Harjilah, N., Medriati, R., & Hamdani, D. (2019). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 79–84.

Hidayatussani, H., & dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Etnokimia Terhadap Hasil Belajar Kimia-Siswa Kelas Xi di MA Al- Aziziyah Putra Kapek Gunungsari. Jurnalfkip. 3(1).

Ilhamdi, M.L., & dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD. Jurnal Kontekstual. 1(2), 49- 57.

Nurhamzah, A. (2016). Upaya peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas 4 melalui metode teams game tournament pada materi sumber daya alam mata pelajaran ips pada kelas IV SDN Inpres Biru Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. Skripsi, diterbitkan, Universitas Pasundan, Bandung.

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model project based learning (pjbl) berbantuan metode edutainment pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(2), 177-182.

Puspita, A. M. I. (2018). Pengaruh bahan ajar tematik berbasis kontekstual terhadap aktivitas belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3 (2), 47-52.

Rahayu, D., Puspita, A. M. I., & Puspitaningsih, F. (2020). KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA SISWA SEKOLAH DASAR. Pedagogi: Jurnal

Penelitian Pendidikan, 7(2), 111–122.

Safitri, M., dkk. (2021). Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Media Sains Indonesia.

Sani, R. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill).

Tanggerang: Tira Smart.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Nurhikmah H, Syamsul Bachri Thalib, & Ahmad Syawaluddin. (2024). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP KERJASAMA SISWA KELAS IV DI UPT SD NEGERI 12 BIRAENG KABUPATEN PANGKEP. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 663–686. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/342

Issue

Section

ARTICLES