MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 27 MARUALA BARRU

Authors

  • Novi Auliah Universitas Islam Makassar
  • Riskal Fitri Universitas Islam Makassar
  • Nasarudin Universitas Islam Makassar

Keywords:

Mengenal Warna, Metode Eksperimen

Abstract

     


Kemampuan mengenal warna anak di TK Aisyiyah Cabang Tallo Makassar tergolong rendah, ini disebabkan proses dalam mengenal warna tidak bermakna bagi anak, guru lebih cenderung menunjukkan warna dengan menggunakan metode ceramah, dan kurangnya variasi metode yang digunakan guru dalam pembelajaran mengenal warna, maka mendorong pendidik mengembangkannya melalui metode eksperimen. Metode eksperimen merupakan metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada anak untuk memiliki pengalaman melakukan suatu proses percobaan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuam mengenal warna melalui metode eksperimen pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif yaitu peneliti bekerjasama dengan guru kelas dalam pelaksanaan penelitian subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun (Kelompok B) yang terdiri dari 7 anak laki- laki dan 8 orang anak perempuan serta satu guru. Metode pengunpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi (check list). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal warna dapat meningkat dengan metode eksperimen. Adapun proses pembelajarannya anak diberi kesempatan untuk melakukan percobaan tentang warna yang bersifat sederhana dan menarik untuk anak. Hasil penelitian meningkat secara bertahap, hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi pada pratindakan, siklus I dan siklus II. Rata-rata perolehan persentase pada pratindakan yaitu 41,66% meningkat di siklus I dengan persentase sebesar 58,13% dan meningkat mencapai 84,06% pada siklus II.

References

Ali Nugraha, 2008. Pengembangan Pembelajaran sains pada anak usia Dini Bandung JILSI Foundatiom,

Ahmad Susanto, 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Acep Yoni, 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Familia Nugraha

Didith Pramunditya, dkk, 2014. Asesmen Anak Usia Dini. Yogyakarta : Graha Ilmu

Hendra Sofyan, 2014. Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya. Jakarta: CV Infomedika,

Harun Rasyid dkk, 2009. Asesme Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Multi Pressido

Hesti Hernia, 2013. Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Segugus III Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Skripsi Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Ibnu Teguh Wibowo, 2013. Belajar Desain Grafis. Yogyakarta : Buku Pintar,

Ketut Pudjawan, 2016. Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Anak Kelompok A PAUD Pradnya Paramita, Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Volume 4 No. 2

Montalu, 2005. Bermain dan Permainan Anak, Jakarta : Universitas Terbuka.

Moeslichaton. R, 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak (Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Poerwadaminta, 2002. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Pusat Departemen Pendidikan dan kebudayaan

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2012

Syamsu Yusuf, 2016. Perkembangan Peserta Didik. Depok : PT Raja Grafindo Persada.

Sujiono, Y.N, 2014. Metode Perkembangan Kognitif. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.

Susanto, Ahmad, 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Grup.

Sulasmi Darmaprawira, 2002. Warna Teori danKreatifitas Penggunaannya. Bandung : Institut Teknologi Bandung.

Sugihartono, dkk, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta Press.

Sumiati dan asra, 2007. Metode Pembelajaran. Bandung : Wacana Prima.

Siti Mardiayah, 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Meode Eksperimen Kelompok RA Tamanagung 3 Muntilan. Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Suyadi, Panduan Penelitian Tin s. 2015. Jogjakarta : DIVA Press.

Winda Gunarti, dkk, 2010. Metode Pembelajran dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.

Yufiarti, 2010. Profesionalitas Guru PAUD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Novi Auliah, Riskal Fitri, & Nasarudin. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 27 MARUALA BARRU. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 698–707. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/344

Issue

Section

ARTICLES