KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI BAHASA MAKASSAR BERDASARKAN PENGALAMAN PENGKADERAN IPM SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH LIMBUNG KABUPATEN GOWA
Keywords:
Kemampuan Menulis, Teks Deskripsi, Bahasa Makassar, PengalamanAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi berbahasa Makassar berdasarkan Pengalaman Pengkaderan IPM siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Limbung Kabupaten Gowa. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang telah mengikuti pengkaderan IPM dikelas VIII berjumlah 55 orang. Adapun sampel yang ditetapkan sebanyak 49 orang. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah teknik tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks deskripsi bahasa Makassar berdasarkan pengalaman pengkaderan IPM siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Limbung Kabupaten Gowa berada pada kategori tidak mampu. Hal tersebut ditunjukkan dari 49 sampel yang telah ditetapkan, siswa yang memporoleh nilai 75-100 sebanyak 7 orang (14%), dan siswa yang memperoleh nilai 0-74 sebnayak 42 orang (86%). Hal itu dibuktikan dari perolehan nilai siswa dari kelima aspek penilaian yaitu pada aspek isi, penggunaan kosakata, aspek tata bahasa, penulisan ejaan dan pada aspek kerapian.
References
Devianty, R. (2017). Peran bahasa Indonesia dan bahasa Daerah dalam pendidikan karakter. Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 79–101.
Djumingin, S. (2017). Indeks 379. In Penilaian Pembelajaran Bahasa & Sastra Indonesia Teori dan Penerapannya.
Ekasari, D. (2020). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Sindue Melalui Metode Mind Mapping [Ability to Write Description Text of Class VII SMP Negeri 1 Sindue Through Mind Mapping Method]. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(3), 1–7.
Eliantari, N. P. R., Kristiantari, M. G. R., & Sujana, I. W. (2020). Pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition berbantuan circular card terhadap keterampilan menulis. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 23–33.
Hasani, A. (2013). Ihwal menulis. UIKM Belistra FKIP Untirta dan Banten Muda.
Khoiriah. (2022). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41.
Kiuk, Y., Suputra, I. G. W., & Adnyani, L. D. S. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan menulis melalui strategi please. Indonesian Gender and Society Journal, 2(1), 10–17.
Kosasih, E. (2022). Ketatabahasaan dan Kesusastraan; Cermat berbahasa Indonesia.
Loi, F. (2022). Kemampuan Mengungkapkan Pengalaman Pribadi Siswa SMP Negeri 1 Toma Kelas IX-C Tahun Ajaran 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 307–316. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/FAGURU
Mardika, I. P., Parmiti, D. P., & Tirka, W. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).
Martha, N., & Situmorang, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions. Journal of Education Action Research, 2(2), 165–171. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
Morgan, K. &. (1970). Sample Size Determination Using Krejcie and Morgan. Kenya Projects Organization (KENPRO), February, 1. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.11445.19687
Munirah, M. (2015). Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Muslim, P. Y. C., & Siregar, R. A. (2022). Keterampilan Menulis.
Syamsuryani, A., Alimuddin, A., & Aswar, A. (n.d.). Perancangan Media Interaktif Kamus Bahasa Bugis untuk Pembelajaran Bahasa Daerah. Jurnal Imajinasi, 1(1), 14–24.