PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA DAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATU ATAP 2 KABAWO SULAWESI TENGGARA
Keywords:
Aktifitas Literasi, Keinginan Baca, Keahlian MembacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar hubungan aktifitas literasi terhadap keinginan baca dan keahlian membaca pelajar tingkat VIII satu atap 2 kabawo dari pengeruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis masalah. Adapun subjek penelitian yaknipelajar tingkat VIII SMP Negeri Satu atap 2 kabawo yang berjumlah 36 pelajar, terdiri dari 26 perempuan dan 10 laki-laki. Teknik pengumpulan data yaitu angket/konsioner, metode dokumentasi, observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan aktifitas literasi sekolah terhadap keinginan baca dan keahlian membaca pelajar tingkat VIII SMP Negeri Satu Atap 2 Kabawo.Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan teknik SPSS.Dengan demikian, secara umum dapat dikatakan bahwa keinginan baca dan keahlian membaca dalam kategori sedang dengan presentase.Dari hasil perhitumgan statikstik yang dibantu dengan program SPSS, maka diperoleh hasil tes regresi linier dapat ditunjukkan bahwa t hitung 15,504> 1,691 dengan nilai signitatif 1,000 (1,000>1,05. maka H0 ditolak dan Hi diterima, artinya terdapat pengeruh dari variabel X yaitu aktifitas literasi sekolah terhadap variabel Y yaitu keinginan membaca pelajar. Adapun besarnya hubungan aktifitas literasi sekolah terhadap keinginan baca dan keahlian membaca pelajar SMP Negeri Satu Atap 2 Kabawo Sulawesi Tenggra ditentukan berdasarkan nilai r squen nilai koefisien determinasi model summaryb Aktifitas Literasi Sekolah Terhadap Keinginan Baca Dan Kete rampilan Membaca Pelajar SMP Negeri Satu Atap 2 Kabawo sebesar 1,936 (93,6%). artinya variabel aktifitas literasi sekolah berhubungan terhadap keinginan baca dan keahlian membaca pelajar sebesar 93,6% sedangkan sisanya sebesar 6,4%.
References
Ari Herdiana. 2021, Dampak Kemajuan Perpustakaan Terhadap Keinginan Membaca Terbuka Pada UPTD Perpustakaan Wilayah Pemerintahan Majelangka. Postulasi. Uin Syarif Hidayatulla.
Baharuddin. 2016. Hubungan Teknik Paikan dan Keinginan Membaca terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pelajar Tingkat 5 SDN 2 Perunnas Wayhalim, Kecamatan Kedaton, Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dasar, vol.3, no.1.
Dalman. 2021. Pengertian Kemampuan. Depok: Rawajali Pers.
Herawati Arief, dkk. 2024. Kemampuan Pemahaman dan Karakter Pelajar Tingkat III SDN Palamba Langowan Selatan. Jurnal Penelitian Pendidikan vol.6.
Ibadullah Mallawi, dkk. 2017. Pelatihan Keahlian Berbasis Menulis. Magetan: CV, SSAE, Media Rafikga.
Iman Ghozali, 2013. Aplikasi Investigasi dengan Program SPSS. Semarang : Kantor Penyalur Perguruan Tinggi Diponegoro.
Ludvina Jina Palma Tuken, dkk. 2023, Pelaksanaan Program Pengembangan Keahlian Sekolah dalam Meningkatkan Keinginan Membaca Pelajar di Sekolah Dasar Inpres Habi Maumere. Jurnal Pendidikan dan Sains vol.3, no.1.
Muliadi, dkk. 2023. Dampak Pengembangan Pendidikan Sekolah terhadap Keinginan Pemahaman dan Kemampuan Membaca Pelajar Tingkat X1 SMAN 6 Sinjai. Catatan Harian Ilmiah Pelajar Pendidikan Sejarah vol.3, no.1.
Muhammad Fathurohman, 2017. Pelatihan dan Pemaparan Ide-Ide Esensial tentang Imunisasi dan Pelatihan Hipotesis. Yogyakarta: Distributor Garudhawaca.
Nurkolis. 2015. Sekolah dalam Mendorong Inovasi. Buku Harian Sekolah, vol.1, no.1.
Oemar Hamalik, 2015. Rencana Pendidikan dan Pelatihan. Jakarta : Bumi Askara.
Rivda Yeri, 2015. Dampak Kontribusi Orang Tua terhadap Keinginan Membaca Anak Ditinjau dari Pendekatan Tekanan Ekologis Akademik. Jurnal Pendidikan vol.9, no.1.
Ridwan Santoso, 2018. Dampak Proyek Sekolah terhadap Prestasi Membaca Pelajar di Sekolah Menengah Umum. Sripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Servina Maharani, 2023. Pemanfaatan Pojok Membaca Tingkat untuk Meningkatkan Keinginan Membaca Pelajar di SMPN 20 Kota Tangerang, Buku Harian Penelitian Bahasa Indonesia vol.1, no.1.
Supriyadi, 2023. Dampak Proyek Pendidikan Dasar terhadap Keunggulan Pemahaman Pelajar
Sekolah Dasar. Buku Harian Instruksi, Pendidikan, Bahasa, dan Penulisan, Vol 5, No, 2.
Sugiyono. 2018. Strategi Penelitian Kuantitatif, Subjektif dan Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Wahyu Aditya Pratama, dkk. 2017. Membaca Penguasaan Kemampuan Tingkat V11 SMP NEGERI 9 Kota Bengkulu. Buku Harian Logis Kortua. Jil. 1, tidak. 1.
Yuliah Wandasari, 2017. Pelaksanaan Pengembangan Keahlian Sekolah sebagai Pengembangan Pendidikan Karakter. Catatan Harian Dewan, Tata Usaha. dan Pengawasan Instruksional. Vol.1, no.1.
Yunus Abidin, dkk. 2017. Pelatihan Pendidikan. Jakarta: Bumi Askari.