PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VII MTs NURUL FALAQ LENGKO RANDANG PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Authors

  • Suhasni Suhasni Universitas Islam Makassar
  • Supriadi Supriadi Universitas Islam Makassar
  • Erniati Erniati Universitas Islam Makassar

Keywords:

Peningkatan, Teks Ulasan, Model Berbasis Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa kelas VII MTs  Nurul Falaq Lengko Randang dalam pembelajaran Menulis Teks Ulasan dengan Model Berbasis Masalah tahun ajaran 2024-2025 yang berjumlah 32 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas  yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunkan metode deskriptif dengan mengklarifikasikan skor sangat tinggi, skor tinggi, skor sedang, dan skor rendah. Penelitian hanya fokus pada satu kelas saja  dengan 32 siswa. Hasil belajar menulis teks ulasan pada siklus I adalah 60,5 dan hasil belajar dari siklus II adalah 83,65. Pada siklus I, kategori siswa yang tuntas adalah 3 siswa dengan persentasi 9,38%, kategori siswa yang tidak tuntas adalah sebanyak 29 siswa dengan persentase 90,62%, pada siklus II, kategori siswa tuntas adalah 29 siswa dengan persentase 90,62%, kategori tidak tuntas adalah 3 siswa dengan persentase 9,38% artinya terjadi peningkatan sebesar 83,65%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menulis teks ulasan siswa kelas VII MTs  Nurul Falaq Lengko Randang dapat ditingkatkan dengan menggunkan model berbasis masalah dalam menulis teks ulasan.

References

Afiksammuddin.2014. Langkah-langkah menulis. (online), (http://Afiksamsuddin.blogspot.com/2014/06/Langkah-langkah- menulis.html),Diakses) 29 Juni 2014.

Ahmadi, M. 1990. Strategi Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: YA 3 Malang.

Akhadiah, Sabarti, dkk. 2012. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga.

Anawati, MDK, Suwandi, S., & Rohmadi, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Problem Based Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(2), 192-202, 2019.

Arikunto, Suharsimi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arun,Ulfana.2016. peningkatan keterampilan menulis teks ulasan menggunakan Teknik Mind Ma Pada Siswa Kelas VIII F SMPN 1 Kesamben.Skripsi tidak diterbitkan.Malang:Universitas Negeri Malang.

Benny,A,Pribadi.2009. Model Desain Sistem Pembelajaran.Jakarta.

Dian Rakyat. Cornelia,Fransisca.2019.Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Menggunkan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VIII SMPN 13 Malang.Pontianak:Universitas Tanjungpura Pontianak.

Dakhi, O. 2022. Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Sulving Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar. Educative: Jurnal Pendidikaan, 1(1), 8-15.

Elisa Novitasari dkk, 2015. Kemampuan Menulis Teks Ulasan atau Resensi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota gajah.

Kemendikbud. 2017. Buku Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud.

Kurniawati, S. W. 2019. Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Dengan SQ3R.

Jurnal Bahasa, Sastra, Pembelajarannya, 2(1); 20-18

Laoli, A., Dakhi, O., & Zagoto, M. M. 2022. The Application Of Lesson Study In Improving The Quality Of English Teaching. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2238-2246.

Lase, S. K., Hareva, T., & Waruwu, L. 2022. Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Fabel Menggunakan Model Pembelajaran Demonstration Pada Siswa. Educative: Jurnal Pendidikan, 1(2), 528-536.

Masril, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. 2020. Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Padang. Konstrutivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 12-25.

Masril, M., Dakhi, O., Nasution, T., & Ambiyar, A. 2020. Analisis Gender dan Intellectual Intelligence Terhadap Kreativitas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 182-191.

Mustaqim.2014. Pengantar Statistik Pendidikan. hlm.18.

Peraturan Pemerintah (PP) RI Nomor 15 Tahun 1991. tentang Standar Nasional Indonesia .hlm.16.

Rifai,Muhammad.2016.Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Ulasan dengan Teknik Quantum Wirting Pada Siswa Kelas VIII SMPN 13 Malang:Universitas Brawijaya.

Suryadi, I., Suhartono, S., & Utomo, P. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(2), 185-195.

Syafie’ie.1998.hlm.13.Syah,M.2010.Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.Syihabudin, S. A., & Ratnasari, T. 2020. Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 21-31.

Tarigan.2013.Menulis Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung:Angkasa.

Tyera, L., Megawati, M., & Rusli, M. 2022. Penerapan Keterampilan Proses Dasar Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educative: Jurnal Pendidikan, 1(1), 112-123.

Waruru, L. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Ulasan. Educative: Jurnal Pendidikan,1(1),167-173

Downloads

Published

2024-09-15

How to Cite

Suhasni, S., Supriadi, S., & Erniati, E. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VII MTs NURUL FALAQ LENGKO RANDANG PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(3), 836–849. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/359