ANALISIS KENDALA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI OLEH GURU EKONOMI DI SMA NEGERI 31 MALUKU TENGAH
Keywords:
Economics, Education, TechnologyAbstract
Dalam era digital yang terus berkembang, komputer dan teknologi informasi telah memainkan peran yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Penggunaan komputer dan teknologi informasi sebagai media pembelajaran menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan efektivitas dan kualitas proses pembelajaran. Salah satu keuntungan utama dari penggunaan teknologi informasi komputer sebagai media pembelajaran adalah peningkatan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Melalui penggunaan perangkat lunak pendidikan, video pembelajaran, simulasi, dan multimedia interaktif, siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan pengalaman belajar yang lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi bagaimana keadaan dan penggunaan TIK oleh guru sebagai media pembelajaran di SMA Negeri 31 Maluku Tengah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 31 Maluku Tengah yang terletak di Jl. Huluntala, Negeri Ureng, Kecamatan Leihitu. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dalam rangkaian penelitian kualitatif. Pendekatan fenomenologi dalam penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menggali makna, pemahaman, konsep, karakteristik, gejala, simbol, dan deskripsi tentang suatu fenomena. Secara umum sarana teknologi informasi komunikasi (TIK) yang dimiliki SMA Negeri 31 Maluku tengah mengempuni untuk dimanfaatkan secara massif. Mengingat pentingnya sarana dan prasarana dalam kegiatan pembelajaran, maka peserta didik, guru dan sekolah akan terkait secara langsung. Meskipun demikian tidak semua guru belum memanfaatkan TIK secara maksimal. Hal ini dikarenakan sebagian besar guru belum menguasai dan merasa percaya diri dalam menggunakan TIK.
References
Anshori, S. (2020). “Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya” Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(1), 88–100. http://194.59.165.171/index.php/CC/article/download/70/114
Burhan, A. B. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pengembangan Ekonomi Pertanian dan Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(2), 233–247. https://doi.org/10.46937/16201826338
Damayanti, R. R., Sumantri, M. S., Dhieni, N., & Karnadi, K. (2021). Guru sebagai Agen of Change dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 960–976. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1602
Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 44. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442
Heriyansyah, H. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 116–127. https://doi.org/10.30868/im.v1i01.218
Indrayani, H. (2017). Penerapan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Efektivitas, Efisiensi Dan Produktivitas Perusahaan Oleh : Henni Indrayani Abstraksi. Jurnal El-Riyasah, 3(1), 48–56.
Lestari, S. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Tik Oleh Guru Factors Affecting Teachers Use ICT. Kwangsan, 3(2), 121–134.
Machmud, M. (2012). Perkembangan Teknologi dalam Industri Media. Jurnal Teknik Industri, 12(1), 57–64. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol12.no1.57-64
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Tekege, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1), 40–52. https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38
Tekege, M. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Mata Pembelajaran Prakarya Di Mts Negeri 5 Demak. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 137–144. https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.462
Warnely. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) di TK Aisyiyah Kota Dumai. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 2, 415–418.