https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/issue/feedINDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)2025-10-05T09:30:38+07:00adminmediasi341@gmail.comOpen Journal SystemsJurnal Indopedia: Inovasi Pembelajaran dan Pendidikanhttps://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/489PENGGUNAAN GAME EDUKATIF DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR2025-10-05T09:19:36+07:00Asma Nadiaasmanadia1204@gmail.comNur Halisanurhalisha0103@gmail.comYuyun Pratiwiyuyunprtiwiii@gmail.comNurhudayah Nurhudayahnurhudayahnayla@gmail.comHaslinda Haslindahaslindabachtiar@unismuh.ac.id<p>Artikel ini membahas potensi penggunaan game edukatif digital dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar secara teoritis. Kajian ini dilakukan melalui pendekatan studi literatur dengan menelaah berbagai teori belajar, seperti teori konstruktivistik dan behavioristik, serta hasil penelitian terdahulu yang relevan. Game edukatif digital dinilai mampu menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan sesuai dengan karakteristik perkembangan kognitif, sosial, serta emosional siswa pada usia sekolah dasar. Media pembelajaran berbasis digital ini tidak hanya menawarkan hiburan, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang imersif melalui tantangan, narasi menarik, umpan balik instan, dan visualisasi yang merangsang. Selain itu, game edukatif dapat meningkatkan motivasi intrinsik siswa dengan menghadirkan sistem penghargaan, level yang menantang, serta keterlibatan aktif selama proses pembelajaran. Prinsip konstruktivistik dalam game mendorong siswa untuk membangun pemahaman melalui eksplorasi dan refleksi, sedangkan prinsip behavioristik berperan dalam memperkuat kebiasaan belajar melalui penguatan positif. Dengan perencanaan dan desain pedagogis yang matang, game edukatif digital tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu, tetapi juga sebagai strategi pembelajaran yang inovatif. Kesimpulannya, integrasi game edukatif digital memiliki potensi besar untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa sekolah dasar dalam konteks pembelajaran abad ke-21.</p>2025-09-15T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Asma Nadia, Nur Halisa, Yuyun Pratiwi, Nurhudayah Nurhudayah, Haslinda Haslindahttps://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/490PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK PADA MATERI KELONG DI UPT SDN 13 BONTOLEBANG 1 KABUPATEN TAKALAR2025-10-05T09:30:38+07:00St. Nurhalisah. Hsitinurhalizah1911@gmail.comKembong Daengkembong.daeng@unm.ac.idHajrah HajrahHajrah50unm@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui hasil embelajaran sastra kelong dengan penerapan model berbasis projek kelas IV UPT SDN.No 13 Bontolebang 1 Kabupaten Takalar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah observasi,teknik rekam dan analisis dokumen . Analisis data dalam penelitian ini diawali dengan mendeskripsikan data berupa data rekaman kelong di kelas IV , Proses selanjutnya adalah mengidentifikasi data berdasarkan kemampuannya siswa dalam melantunkan sastra kelong , setelah itu hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas IV UPT SDN No 13 Bontolebang 1 Kabupaten Takalar mampu dalam melantunkan kelong bahasa makassar. </p>2025-09-15T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 St. Nurhalisah. H, Kembong Daeng, Hajrah Hajrah