IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS PENDEKATAN LINGKUNGAN UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DI SDN 3 SAMBUNG JAWA KELAS III

Authors

  • Abd Rajab Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rezky Andiny Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nuraeni Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rahmad Risan Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Integrated Thematic, Environment-Based, Higher Order Thinking Skill, Tematik Terpadu, , Bebasis Lingkungan, , Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendiskripsikan pembelajaran Tematik Terpadu berbasis lingkungan untuk perolehan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik di SD. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitiatif dan subjek penelitian terdiri dari peserta didik dan guru di SDN 3 Sambung Jawa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pembelajaran Tematik Terpadu berbasis Lingkungan peserta didik termotivasi dan mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti kemampuan menganalisis, kemampuan mengevaluasi, dan kemampuan berkreasi. Dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran Tematik Terpadu berbasis Lingkungan sebagaian besar peserta didik mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi berupa menganalisis, mengevaluasi, berkreasi/mencipta, dan pembelajaran Tematik Terpadu   berbasis Lingkungan sangat baik untuk diterapkan karena peserta didik dapat berpikir secara sceintifik untuk menghindari pola pikir menghafal dan mengingat.

References

Andi Prastowo. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik, Jogjakarta, Diva Press.

Cilon Rose, & Nichol, M.J. 1997 Accelerated Learning for the 21”century ; Cara Belajar Cepat Abad 21 diterjemahkan oleh Dedy Ahisma (2012), Bandung, Nuasa,

Degeng Nyoman S. 2013. Ilmu Pembelajaran “ Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori”, Kalam Hidup. Bandung

Gagne, R.M. 1985. Strategi for Teacher Content and Thinking Skill. New Jersey. Prentince Hall.

Gagne, R.M., Briggs, L.J. & Wager, W.W. 1992. Principles of instructional design. Orlando: Holt, Rinehart, and Wiston.

Ki Hajar Dewantara. 2013 Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, UTS Press.

King, F.J., Goodson, L., & Rohani, F., Higher Prder Thinking Skills. Kovalik, S.J & McGeehan, J.R ITI Instructional-Design Theories and Model: Integrated Thematic Instruction:From Brain Research to Application.

Marzano, R.J., and John S. Kendall, eds. 2008. Designing and Assessing Educational Objectives: Applying the New Taxonomy. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Munzenmaier, C. & Rubin, N 2013 Perspectives Bloom’s Taxonomy: What’s Old Is New Again. The eLearning Guild.

Paul Suparno. 1997. Filsafat Kontruktivisme Dalam Pendidikan, Yogyakaarta, Kanisius.

Smalldino, S.W. Et.al. 2005. Instructional Tecnology and Media for Learning. Ohio: Pearson Education, Inc.

Syaiful Sagala. 2006 Konsep dan Makna Pembelajaran : Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar, Bandung, Alfabeta.

Sutini Ibrahim. 2011. Belajar, Pengajaran, dan Pembelajaran (konsep dan Implementasi), Pontianak, Fahruna Bahagia Press,

/Depdiknas, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003. Jakarta

/Kemendikbud. 2013. Permendikbud No. 67 th 2013 tentang Struktur Kurikulum SDMI. Jakarta

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Rajab, A., Andiny, R., Nuraeni, & Risan, R. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS PENDEKATAN LINGKUNGAN UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DI SDN 3 SAMBUNG JAWA KELAS III. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(1), 34–46. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/1

Issue

Section

ARTICLES