IMPLEMENTASI KURIKULUM ANAK USIA DINI KEMENAG DI RA DARUNNAJAH 2 CIPINING
Keywords:
Manajemen Kurikulum, Anak Usia DiniAbstract
Manajemen dibutuhkan dalam semua hal. Inti manajemen berkisar pada perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan yang membuat program pendidikan berjalan dengan sukses. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana pelaksanaan dan evaluasi kurikulum di RA Darunnajah, selain itu untuk mengetahui apa saja kendala dalam pelaksanaan kurikulum di RA Darunnajah 2 Cipining. Penelitian ini menggunakan kualitatif metode deskriptif yang didukung melalui teknik-teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi serta wawancara dengan kepala sekolah RA Darunnajah 2 Cipining, guru RA Darunnajah 2 Cipining dan Tata Usaha Darunnajah 2 Cipining. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ini, dalam perencanaan kurikulum RA Darunnajah 2 Cipining yaitu membuat perencanaan sesuai yang diarahkan oleh pemerintah kemudian di implementasikan ke dalam RPPH. Guru melaksanakan pembelajaran berdasarkan perencanaan yang sudah ditetapkan berupa RPPH yang telah dibuat dan diperiksa oleh kepala sekolah. Evaluasi kurikulum dilakukan oleh kepala sekolah kepada guru dan evaluasi kepada anak dilakukan setiap pembelajaran oleh guru dengan memperhatikan prinsip penilaian yang ditentukan. Kendala yang dihadapi lebih utamanya dari sarana dan prasarana yang kurang standar dan kompetensi tenaga pendidik yang belum sesuai sehingga menghambat berjalannya pelaksanaan kurikulum.
References
Rahelly, Yetty. (2018). Impelmentasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 12 Edisi 2, (http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud
Ash-Shibyan , Mitra. (2021). Eksistensi Model Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 04, No. 01( https://ejournal.stai-tbh.ac.id/index.php/mitra-ash-syibyan .
Syaoidih, Nana. (2010) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.