PROGRAM KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MTS MA’ARIF BEBANDEM KARANGASEM BALI
Keywords:
Program Keagamaan, Pembentukan Karakter, Karakter ReligiusAbstract
Krisis Moral yang semakin drastis di indonesia terutama di kalangan kaum pelajar siswa yang bertindak tidak sopan di lingkungan sekolah, sebagaimana yang terjadi di MTs. Ma'arif menyontek, membolos tanpa izin, karena kurangnya nilai-nilai karakter yang terjadi dikalangan pelajar, khususnya karakter religius. Tujuan penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi program keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di MTs Ma’arif Bebandem dan 2) Bagaimana praktik karakter religius siswa di MTs Ma’arif Bebandem. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini dilaksanakan di MTs Ma’arif Bebandem. Tekhnik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru BP, Guru dan Siswa. Tekhnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi program keagamaan dalam membentuk karakter religius di MTs Ma’arif Bebandem sudah dikatakan cukup baik, yang telah di implementasi kegiatan keagamaan tadarus al-qur’an, sholat dhuha, sholat dzuhur berjamaah, pengajian malam dan peringatan hari besar islam. Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan siswa tersebut selain bisa menumbuhkan karakter religius 2) Praktik krakater religius siswa di MTs Ma’arif Bebandem terbentuk dari pembiasaan kegiatan-kegiatan keagamaan, pembiasaan kegiatan keagamaan sangat baik diterapkan dalam pembentukan karakter seorang anak.
References
DAFTAR PUSTAKA
Afifatur Rodiyah, Rosichin Mansur, dan Imam Safi’i. 2020. “Implementasi Program Keagamaan Di SMP Islam Wajak Kabupaten Malang Pengembangan Nilai Karakter Disiplin Siswa.” Jurnal Vicratina V(Universitas Islam Malang):5.
Annuri, Ahmad. 2010. Panduan Tahsih Tilawah Al-Quran Dan Pembahasan Ilmu Tajwid.
Anshori, Indah Wahyuningtyas dan. 2017. “Upaya Pembentukan Karakter Islami Siswa Melalui Kegiatan Spiritual Camp Di MAN Bondowoso.” Jurnal Islamic Academika IV(STAI At-Taqwa):4.
Ansulat Esmael dan Nafiah. 2018. “Pendidikan Karakter Religius Diterapkan Di SD Khadijah Surabaya.” Jurnal Pendidikan Dasar II(Universitas Negeri Surabaya):9.
Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru.
Fathurrahman, Muhammad. 2015. Peran Budaya Agama Dalam Meningkatkan Pendidikan.
Firmansyah, Nashrul Haqqi. 2020. “Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di Madrasah Ibtidaiyah Salatiga: Upaya Menaikkan Standar PAI.” Jurnal Istighna 3(IAIN Surakarta):102.
Hasan, Said Hamid. 2010. Penguatan Metodologi Pembelajaran Berbasis Nilai Budaya Untuk Membangun Karakter Dan Daya Saing Bangsa, Mewujudkan Pendidikan Budaya.
Imran, M. 2006. Penuntunan Sholat Dhuha.
Indonesia, Republik. 2003. Sistem Pendidikan Nasional Tercakup Dalam Pasal 3 UU No. 20 Tahun 2003.
Jalaluddin. 1993. Pengantar Ilmu Jiwa Agama.
Khamadah, Siti Nur. 2008. “Pengaruh Mengikuti Pengajian An Nasikhstul Islamiyah Terhadap Peningkatan Silaturahim Jama’ahnya Di Kabupaten Kebumen.” Skripsi.
Khorida, Muhammad Falillah dan Latif Mualifatu. 2013. Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini.
Khotimah, Khusnul. n.d. Model Manajemen Pendidikan Karakter Religius Sdit Qurrota A’yun Ponorogo,” Muslim Haritage.
Mannan, Abdul. n.d.-a. Fiqh Sholat Mengkaji Fiqh Syafi’I Secara Utuh.
Mannan, Abdul. n.d.-b. Fiqih Sholat Mengkaji Fiqih Madzhab Syafi’I Secara Utuh.
Sukatin, Nurul Chofifah dkk. 2020. “Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age V:82.
Wamino, Warsito Dan. 2014. Implementasi Kurikulum “Pendidikan Dasar Profesi” Bagi Siswa Kelas III SD Ta’mirul Islam Surakarta.
Afifatur Rodiyah, Rosichin Mansur, dan Imam Safi’i. 2020. “Implementasi Program Keagamaan Di SMP Islam Wajak Kabupaten Malang Pengembangan Nilai Karakter Disiplin Siswa.” Jurnal Vicratina V(Universitas Islam Malang):5.
Annuri, Ahmad. 2010. Panduan Tahsih Tilawah Al-Quran Dan Pembahasan Ilmu Tajwid.
Anshori, Indah Wahyuningtyas dan. 2017. “Upaya Pembentukan Karakter Islami Siswa Melalui Kegiatan Spiritual Camp Di MAN Bondowoso.” Jurnal Islamic Academika IV(STAI At-Taqwa):4.
Ansulat Esmael dan Nafiah. 2018. “Pendidikan Karakter Religius Diterapkan Di SD Khadijah Surabaya.” Jurnal Pendidikan Dasar II(Universitas Negeri Surabaya):9.
Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru.
Fathurrahman, Muhammad. 2015. Peran Budaya Agama Dalam Meningkatkan Pendidikan.
Firmansyah, Nashrul Haqqi. 2020. “Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di Madrasah Ibtidaiyah Salatiga: Upaya Menaikkan Standar PAI.” Jurnal Istighna 3(IAIN Surakarta):102.
Hasan, Said Hamid. 2010. Penguatan Metodologi Pembelajaran Berbasis Nilai Budaya Untuk Membangun Karakter Dan Daya Saing Bangsa, Mewujudkan Pendidikan Budaya.
Imran, M. 2006. Penuntunan Sholat Dhuha.
Indonesia, Republik. 2003. Sistem Pendidikan Nasional Tercakup Dalam Pasal 3 UU No. 20 Tahun 2003.
Jalaluddin. 1993. Pengantar Ilmu Jiwa Agama.
Khamadah, Siti Nur. 2008. “Pengaruh Mengikuti Pengajian An Nasikhstul Islamiyah Terhadap Peningkatan Silaturahim Jama’ahnya Di Kabupaten Kebumen.” Skripsi.
Khorida, Muhammad Falillah dan Latif Mualifatu. 2013. Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini.
Khotimah, Khusnul. n.d. Model Manajemen Pendidikan Karakter Religius Sdit Qurrota A’yun Ponorogo,” Muslim Haritage.
Mannan, Abdul. n.d.-a. Fiqh Sholat Mengkaji Fiqh Syafi’I Secara Utuh.
Mannan, Abdul. n.d.-b. Fiqih Sholat Mengkaji Fiqih Madzhab Syafi’I Secara Utuh.
Sukatin, Nurul Chofifah dkk. 2020. “Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age V:82.
Wamino, Warsito Dan. 2014. Implementasi Kurikulum “Pendidikan Dasar Profesi” Bagi Siswa Kelas III SD Ta’mirul Islam Surakarta.