PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD KRISTEN TUTUWARU

Authors

  • Ince Wattimury Universitas Pattimura
  • Sefanya Sairlitiata Universitas Pattimura
  • Fredi Meyer Universitas Pattimura

Keywords:

Lingkungan Sekolah, Media Puzzle, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Abstract

Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar merupakan sebuah solusi untuk menjawab permasalahan pembelajaran IPA SD yang dirasa sulit oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketrampilan berpikir kritis dan peningkatan hasil belajar IPA dengan  menggunakan pemaanfataan lingkungan sekolah dan media puzzle. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah   guru dan siswa kelas 5 SD Kristen Tutwaru yang berjumlah 11 orang. Metode pengambilan data pada penelitian ini menggunakan pengambilan data dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Indikator ketrampilan berpikir kritis yaitu, mampu memahami gambar, menjawab pertanyaan,, mampu menyusun gambar dalam media puzzle, mampu menjeaskan gambar dalam media puzzle. Berdasarkan hasil penelitian , pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan menggunakan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dan juga peningkatan ketrampilan berpikir siswa.

References

Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Asmar, E. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Eka Asmar sekolah formal maupun non formal , karena sesungguhnya sekolah. Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1), 33–45.

Chamidah, & Mintohari. (2014). Penerapan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Kelas I Di Sdn Sidotopo Iii/50 Surabaya. Jpgsd, 2(01), 1–8. https://media.neliti.com/media/publications/252705-none-049b274a.pdf

Khaulah, S. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Explicit Instruction Berbantuan Media Geogebra Pada Materi Geometri di SMA Negeri 1 Makmur. Jurnal Pendidikan Almuslim, 3, 5–10. http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupa/article/view/283

Mahnun, N. (2012). MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(01), 27–35. https://doi.org/10.4236/ce.2020.113020

Maisyrah, Syahputra, E., & Mulyono. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 28–38. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38888

Maulidah, A. N., & Aslam, A. A. (2021). Penggunaan Media Puzzle secara Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Mimbar Ilmu, 26(2), 281. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37488

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Ince Wattimury, Sefanya Sairlitiata, & Fredi Meyer. (2023). PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD KRISTEN TUTUWARU. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(2), 738–746. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/106

Issue

Section

ARTICLES