PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER ENERGI PANAS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LETWARU
Keywords:
Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman, IPA, Sumber Energi PanasAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber energi panas dengan menggunakan model pembelajaran berbasis pengalaman (Experiential Learning) pada siswa kelas V SD Negeri Letwaru. penelitian dilakukan dalam dua siklus, instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri tes awal dan tes akhir, lembar observasi dan lembar kerja sisiwa (LKS). Berdasarkan hasi penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis pengalaman(Experiential Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber energi panas dengan nilai rata-rata kelas 78,57.
References
Asmar, E. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Eka Asmar sekolah formal maupun non formal , karena sesungguhnya sekolah. Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1), 33–45.
Aunurrahman, (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Akbar, Sa` dun. (2009). Penelitian Tindakan Kelas: Filosopi, Metodologi, dan Implementasi. Yogyakarta: Cipta Media Aksara.
Hamalik Oemar. (2001) Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Kolb, David. (1984). Experiential Learning. New Jersey: Prentince Hall Ince.
MA, R. K., & Sugiarto, S. (2023). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Pemrograman Mahasiswa Kepulauan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4407–4412.
Robert. J . Sterenberg dan LI-Fang Zhag. (2013). Perspectives on Thingking Learning, and Cognitive Styles. New York: Lawence Erlbaum Asociates, Inc.
UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1















