PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI MEDIA EDUKATIF BONEKA TANGAN DI TK IGTKI PGRI HARAPAN BANGSA KABUPATEN PANGKEP

Authors

  • Nurwindasari Universitas Islam Makassar
  • Naasaruddin Universitas Islam Makassar

Keywords:

Kemampuan Berbahasa, Kegiatan Bercerita, Boneka Tangan

Abstract

Jenis penelitian yang digunakana dalan pendekatan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa dari siklus I sampai pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada ketuntasan belajar siklus I yaitu 66,6 dan pada siklus II nilai rata-rata anak meningkat menjadi 76,4. Sedangkan  pada aktivitas guru dari siklus I ke siklus II mengalami penikatan juga, yaitu dari pertemuan pertama pada siklus I memperoleh nilai 60% meningkat dipertemuan ke dua menjadi 67%. Kemudian untuk siklus II pada pertemuan pertama yaitu 90% dan pertemuan ke dua terjadi peningkatan dengan perolehan nilai 97%. Kemudian aktivitas anak dari siklus I pertemuan pertama mendapat 63% dan pada pertemuan ke dua 73%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatandari perrtemuan pertama mendapat nilai 93% dan mengalami peningkatan pada pertremuan ke dua dengan perolehan nilai 100%. Jadi, berdasarkan hasil di atas dapat disumpulkan bahwa penerapan kegiatan bercerita mengguakan media boneka jari dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak di TK IGTKI PGRI Harapan Bangsa Kabupaten Pangkep.

References

Asfandiyar, Andi Yudha. (2019). Kenapa Harus Guru Kreatif. Bandung: PT Mizan Pustaka

Agus Sumitra. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Jari, Jurnal Tunas Siliwangi, Vol. 6, No 1.

Ardyah Rini Lapato. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual di Kelompok B TK Permata Bunda Lobu Mandiri. Skripsi, Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Depdiknas. (2014. Pedoman Merancang Sumber Belajar. Jakarta: Depdiknas.

Dhieni, Nurbiana. (2015). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Dhieni, Nurbiana. (2018). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Djuco. (2017). Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar Di Paud Andini Kelurahan Bulotada Timur Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo., Jurnal FIP UNG, 4(1).

Dhieni, Nurbiana. (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Hurlock. (2018). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga Press.

Latif, Muhammad. 2008. Metode Bercerita Anak Usia Dini. Jakarta: Tarity Samudra Berlian.

Hadisetyo. (2010). Jurnal penelitian.http://hadisetyo.wordpress.com. diunduh tanggal 12 oktober 2016 pukul 16.00 wita

Musfiroh, Takdikrotun. (2015). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Depdiknas..

Ngalim Purwanto. (2018). Prinsip-prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Puji Santosa. (2015). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rita Kurnia. (2019). Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia insani.

Suhartono.(20015). Pengembangan Ketrampilan Bicara Anak Usia Dini. (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi. hal 23

Susanto, Ahmad. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Slamet Suyanto. 2005. Pembelajaran Untuk Anak Tk. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Simanjuntak. 2007. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publising,

Uyun, Aimah Curutul. (2015). Peningkatan kemampuan menyimak anak Kelompok B melaluipermainan sirkuit bisik berantai di RA Perwanida Kabupaten Kediri / Aimah Curutul Uyun. Diploma Thesis, Malang: Universitas Negeri Malang.

Ultria, Mulyasari. (2015). Penggunaan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Pada Siswa Kelas I SDN Madyopuro 03 Kota Malang / Ultria Mulyasari. Diploma Thesis, Malang: Universitas Negeri Malang.

Yusuf, Syamsu. (2016). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Zainal Aqib. (2021). Penelitian Tindakan Kelas untuk SD, SLB, dan TK. Bandung: CV. Yrama Widya

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Nurwindasari, & Naasaruddin. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI MEDIA EDUKATIF BONEKA TANGAN DI TK IGTKI PGRI HARAPAN BANGSA KABUPATEN PANGKEP. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(3), 753–761. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/109

Issue

Section

ARTICLES