IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN DI RA AL FAQIH BONTOSUNGGU
Keywords:
Pendidikan, Karakter, PembiasaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan di RA Al-Faqih Bontosunggu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang berrujuan untuk mendeskripsikan secara objektif. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan September sampai Februari 2023 di RA Al-Faqih Bontosunggu. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi metode.Hasil penelitian berdasarkan hasil observasi bahwa guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan rutin dalam membentuk karakter religius, kegiatan pembiasaan spontan dalam membentuk karakter disiplin, dan kegiatan pembiasaan keteladanan dalam membentuk karakter peduli lingkungan. Langkah-langkah yang telah dilaksanakan oleh guru RA Al Faqih Bontosunggu dalam mengimplementasikan pembiasaan untuk membentuk karakter peserta didik dan pembiasaan untuk peserta didik dapat diuraikan sebagai berikut : Terbiasa mengucap dan menjawab salam, sholat dhuha, berdoa sebelum dan setelah belajar, antri, datang tepat waktu, membuang sampah pada tempatnya, dan mencuci tangan.
References
Abdullah Nasih Ulwan, Pendidikan Anak Menurut Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992), h. 64
Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu,1997, h.10)
Agus Wibowo, Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. (Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2012), h.33
Al-Quran Surah At-Tin Ayat 4-6.
Armai Arief, Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam (Jakarta: Ciputat Press, 2002, h.10
Armai Arif, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press, 2002), h,110
Ary Forniawan. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Karakter. Blogspot.com. 2012.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.2011, h 30.
Depertemen Agama Republik Indonesia, Imam Abu Ya’la dari sayyidah AisyiahR.A.
Depertemen Pendidikan Direktorat Pembinaan Taman Kanak dan Sekolah Dasar (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Seni di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Diretorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. h 21
Depertemen Pendidikan Direktorat Pembinaan Taman Kanak dan Sekolah Dasar (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Seni di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Diretorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. h 23
Depertemen Pendidikan Direktorat Pembinaan Taman Kanak dan Sekolah Dasar (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Seni di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Diretorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. h 26
Depertemen Pendidikan Direktorat Pembinaan Taman Kanak dan Sekolah Dasar (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Seni di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Diretorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. h 29
Desi Santika, “Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di RA At-Tamam Sukarame Bandar Lampung”, (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2019).
Dharma Kesuma, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah,(Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2021) hlm.9
Dimyati, Johni. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasi pada PAUD (Jakarta:2013) h. 92.
Dr. Zubaedi, M.Ag, M.Pd Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana. 2011, h 15.
Dr. Zubaedi, M.Ag, M.Pd, 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo
Fadilah, Rabi’ah, dkk. Pendidikan Karakter. Bojonegoro, Jawa Timur: CV AGRAPANA MEDIA. 2021, h 1.
Hamid Pattilima. Metode Penelitian kualitatif (Bandung : Alfabeta 2005) h. 56
Heri Gunawan, Pendidikan Karakter Konsep Dan Implikasinya (Bandung:Alfabet, 2012), h.8-9
Heri Gunawan, Pendidikan Karakter Konsep Dan Implikasinya (Bandung: Alfabet, 2012), h. 31
Hidayatullah, M Furqon. Pendidikan Karakter (Membangun Peradaban Bangsa). Surakarta: Yuma Pustaka. 2010, h32Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. h 21-26
Ibid, h, 88
Ibid,. h.175
Jamal Ma’mur Asmani, Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah , (Yogyakarta: Diva Press, 2011), hlm. 31
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pengertian Pendidikan Karakter
Kementrian pendidikan Nasional, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum, 2010), h. 7.
Lickona, Mendidik Untuk Membentuk Karakter : Bagaimana Sekolah Dapat Mengajarkan Sikap Hormat Dan Tanggung Jawab, h. 74.
Lusi Vifi Septiani, “Implementasi Metode Pembiasaan Karakter Anak Usia Dini Di TK Bhakti II Ar-Rusydah Kedamaian Bandar Lampung” (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 2017)
Muchlas Samani & Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. (Bandung:PT.Remaja Rosdakarya. 2011), h.43
Muhammad Fadillah dan Lilif Mualifatu Khorida, Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013), h.172-174
Muhammad Fadillah dan Lilif Mualifatu Khorida, Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013), h.172-174
Narwanti, Sri. 2003. Nilai Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo. 2011 Nur Cahyani, Tri Joko Raharjo, “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di PAUD Sekolah Alam Ungaran”, (Jurnal Pendidikan Luar Sekolah FIP Universitas Negeri Semarang, 2021)
Narwanti, Sri.2023. Nilai Karakter. Yoggyakarta: LaksBang PRESindo. 2011
Putra Nusa dan Ninim Dewi Lestari, Pendidikan kualitatif PAUD (Jakarta : Rajawalipres,2012)H,70.
Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2001), h.185
Salma Harun, Pendidikan Anak Menurut Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992),h.64
Salma Harun, Pendidikan Anak Menurut Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992), h.64
Saptono, Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter, Strategi, dan Langkah Praktis, (Jakarta: Erlangga, 2011), h. 58.
Saptono, Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter, Strategi, dan Langkah Praktis, (Jakarta: Erlangga, 2011), h. 58.
Slamet Suyanto, Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, (Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2005), h.4-4
Sugiono, “Op Cit. H,194
Sugiono, memahami penelitian kualitatif, (Bandung: Alfabeta,2008) H. 183
Sugiyono,2010. Metode Penelitian Penelitian. Bandung: Alfabet. H 6
Sutarjo Adisusilo, (2012), Pembelajaran Nilai-Karakter, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada h.56
Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013), h. 8-9
Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013), h. 8-9
Suyanto, Log. Cit. Dra. Hj. Aisyah M. Ali, M.Pd. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Jakarta : Kencana PRENADA MEDIA. 2018, h 16
Suyanto, Log. Cit. Dra. Hj. Aisyah M. Ali, M.Pd. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Jakarta : Kencana PRENADA MEDIA. 2018, h 16
Wina Jaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Jakarta:Kencana, 2009),h.276