PENINGKATAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PEMBIASAAN GURU DI TK AHMAD DZAKY TALAKAUWE DESA GENTUNGAN KECAMATAN BAJENG BARAT
Keywords:
Karakter, Pembiasaan GuruAbstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah, Bagaimana pelaksanaan karakter anak usia dini di TK Ahmad Dzaky Talakauwe Desa Gentungang Kecamatan Bajeng Barat? Dan Bagaimana peningkatan karakter anak usia dini melalui pembiasaaan guru di TK Ahmad Dzaky Talakauwe Desa Gentungang Kecamatan Bajeng Barat?. Hasil penelitian menunjukkan mengenai proses pembentukan karakter anak di TK Ahmad Dzaky Talakauwe Desa Gentungang Kec. Bajeng Barat ialah : Kegiatan rutin dan Pembiasaan rutin yang dialkuakan terjadwal seperti : mengucap dan menjawab salam, kegiatan berbaris rapih dihalam sekolah, senam, membaca ikrar janji taman kanak-kanak, pemeliharaan kebersihan dan kesehatan diri, berbicara yang baik dengan sesama teman dan orang dewasa, dan memnita tolong dengan sopan,kketeladanan adalah pembiasaan dalam bentuk perilaku sehari-hari seperti berpakaian rapih, berbahasa yang baik dengan sesama teman dan orang dewasa, meminta izin atas apa yang diinginkan.
References
Ali, Muhammad Daud. 2000. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arief, Armai.2018.Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam Yogyakarta: PT. Rajagrafindo.
Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta Offset.
. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
As Samani, Muchl. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter.Bandung:Remaja Rosdakarya.
Asrori, Mohammad. 2012. Pesikologi Pembelajaran. Bandung: CV. WacanaPrimata.
Bagus, Lorens. 2002. Kamus Filsafat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Barnawi dan M.Arifin. 2004. Strategi & Kebijakan Pemeliharaan PendidikanKarakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Budiyanto, Mangun. 2011. Ilmu Pendiidkan Islam. Yogyakarta: Griya Santri. Budiyanto. 2004. Kewarganegaraan untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Cahyaningrum, Eka Septi. 2017. “Pengembangan Nilai Nilai Karakter AnakUsia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan” dalam skripsi FakultasIlmu Pendidikan UNY, Tahun 2017, hlm. ii.
Creswell, John W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitati[dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Agama RI. 2010. Al-Qur ’an dan Terjemahann ya. Surabaya: Duta Alam.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta:Balai Pustaka.
Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Fitri, Agus Zaenal. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah.Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta.
Hairuddin, Enni K. 2014. Membentuk Karakter Anak dari Rumah. Yogyakarta: Gramedia.
Hasbullah. 1999. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hawi, Akmal. 2014. Kompetensi Cruru Pendidikan Agama Islam.Jakarta: Rajawali Press.
Kasiram, Mohamad. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitati f. Yogyakana: UIN Maliki Press.
Kesuma, Dharma. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Kurniawan, Syamsul. 2004. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Langgulung, Hasan. 1992. Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka a1 Husna.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy 1. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mujib, Abdul. 2008. Ilmu Pendidikan Isla. Jakarta: Kencana