PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III TEMA BENDA DI SEKITARKU
Keywords:
Pembelajaran Tematik, Pengembangan, LKPD, Discovery LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana hasil pengembangan LKPD berbasis discovery learning Pada Pembelajaran Tematik Kelas III Tema Benda Di Sekitarku (2) mengetahui bagaimana evektifitas penggunaan LKPD berbasis discovery learning Pada Pembelajaran Tematik Kelas III Tema Benda Di Sekitarku. Penelitian ini mengunakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Adapun objek penelitian adalah Siswa kelas III SD Inpres Antang 1. Analis data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa (1) penilaian angket dari validator bahan ajar LKPD memiliki nilai sebesar 92,3% dengan kriteria sangat layak sedangkan penilaian dari validator materi pembelajaran tematik sebesar 85,42% dengan kategori layak untuk di implementasikan pada peserta didik. (2) Respon dari peserta didik terkait penggunaan LKPD menggunakan lembar angket penilaian dengan hasil penilaian peserta didik sebesar 90% sedangkan penilaian ahli pembelajaran atau guru kelas 3 sebesar 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Discovery Learning sangat layak dan efektiv untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
References
Ali Ibrahim Hasyim.(2016). Analisis Pengaruh Investasi Asing Langsung (FDI) dan Investasi dalam Negeri. Depok: Kencana Prenadamedia.
Desi, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning pada Materi Kalor di SMP. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.Jumil suprihatiningrum, Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016), h.241.
Febriana, P. E. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pokok Bahasan, Jarak, Waktu, dan Kecepatan di Kelas V SD. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). Universitas Muhammadiyah Malang.
Rahmawati Siti, dkk. (2017). Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik Di Smp Negeri 3 Terbanggi Besar Lampung Tengah. Artikel.
Sugiyono.2009.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Dan R&D. Bandung:Alfabeta cv.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2003).
Umar, N. (2019). Berbasis Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Guppi, Discovery Learning Pada Materi Sel Kelas Xi Mia Ma Barana, Buntu. Uin Alauddin Makassar.
Yuli Sectio Rini. (2012). Pendidikan: Hakekat, Tujuan, dan proses. Yogyakarta : Bumi Aksara.