PERAN BIMBINGAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MARKAZ AL AFAF SUKABUMI
Keywords:
Pendidikan, Kepala Sekolah, Manajemen Sumber DayaAbstract
Bimbingan merupakan salah satu bentuk helping atau bantuan yang diberikan kepada seseorang yang membutuhkan. Kepala Sekolah adalah guru yang diberi tugas untuk memimpin pembelajaran dan mengelola satuan pendidikan yang meliputi taman kanak-kanak, taman kanak-kanak luar biasa, sekolah dasar, sekolah dasar luar biasa, sekolah menengah pertama, Kompetensi Pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik, yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana bentuk peran bimbingan kepala sekolah dalam meningktakan kopetensi pedagogic guru. Apa bentuk Kompetensi pedagogic guru yang sudah di miliki oleh guru di pesantren Al Afaf, Hal-Hal yang mendukung dan menghambat peningaktan kompetensi pedagogic guru.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran bimbingan kepala sekolah dalam meningktakan kopetensi pedagogic guru di Pesantren Al Afaf, Apa bentuk Kompetensi pedagogic guru yang sudah di miliki oleh guru di pesantren Al Afaf, Untuk mengetahui hal-hal pendukung dan penghambat peningkatan kompetensi pedagogic guru di Pesantren Al Afaf. penelitian field research (lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasilnya Bimibingan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogic guru sangatlah dibutuhkan dan terlaksana secara baik di Pesantren Al Afaf, dengan mengetahui faktor pendukung seperti teknologi dan faktor penghambat baik internal atau eksternal seperti kesadaran dan latar belakang agar dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan perbaikin untuk Pesantren Al Afaf.
References
Arikunto, Suharsimi. “Dasar-Dasar Supervisi.” Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Cahyadi, Wendy Asswan, and Siti Qomariyah Qomariyah. “Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pendidikan Islam Perspektif Tafsir Al Quran.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3, no. 3 (2022): 477–90.
Efendi, Mukhlison. “Ilmu Pendidikan, Ponorogo.” STAIN Ponorogo Press M. Asrori Ardiansyah, 2008.
Joubish, Muhammad Farooq, and Muhammad Ashraf Khurram. “Cognitive Development in Jean Piaget’s Work and Its Implications for Teachers.” World Applied Sciences Journal 12, no. 8 (2011): 1260–65.
Mulyasa, H Enco. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara, 2022.
Pendidikan, Departemen. “Kebudayaan, Petunjuk Administrasi Sekolah Menengah Umum.” Jakarta: Proyek Pembinaan Sarana Prasarana Pendidikan dan Penilaian Hasil …, 1996.
Suparlan, Suparlan, and M Ed. “Menjadi Guru Efektif.” Hikayat Publishing, 2008.
Contoh:
Atmarizon, D., & M. Zaim. (2016) The Implementation of Scientific Approach In Teaching English At The Tenth Grade Of Senior High School 7 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan seni, XVII (1), 1-18. DOI: 10.24036/komposisi. V17i1.8113
Firman., Baedhowi., & Murtini, W. (2018) The Effectiveness of The Scientific Approach to Improve Student Learning Outcomes. IJAL (International Journal of Active Learning) IJAL, 3(2), p-ISSN 2528-505X
Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoretis dan Praktik Jakarta: Kencana.
Lang, H.R. & Evans, D. N. (2006). Models, Strategis, and Methods: For Effective Teaching. New York: Pearson Education, Inc.