PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KELAS V SDN PAMPANG 1 KOTA MAKASSAR
Keywords:
Reward, Punishment, Motivasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana pengaruh Reward dan Punishment terhadap motivasi belajar siswa SDN Inpres Pampang 1 Kota Makassar. Jenis Penelitian yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif jenis deskriptif korelatif. Lokasi penelitian bertempat di SDN Inpres Pampang 1 Kota Makassar dengan sampel kelas V yang berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu angket dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil yaitu (1) pemberian reward kepada peserta didik di SDN 1 Pampang Kota Makassar mengalami kategori sedang dengan persentase 70%, dan pemberian punishment mengalami kategori tinggi dengan persentase 75%, sedangkan motivasi belajar mengalami kategori tinggi dengan persentase 65%. Terdapat pengaruh pemberian reward dan pemberian punishment terhadap motivasi belajar peserta didik. Terbukti bahwa fhitung < ftabel (2,163 < 3,25) maka H0 diterima. Dengan demikian, keputusan pengujian ini adalah menerima H0 yang berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V SDN 1 Pampang Kota Makassar.
References
Abimanyu, Proses Belajar Mengajar ,Bandung: Bumi Aksara,2001.
Alisuf Sabri, Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: UIN Jakarta Press, 2005.
Aris Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013 ,Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, 2011.
Chaplin, J.P. Kamuis Leingkap Psikologi ,Jakarta: ajawali Peirs. 2014.
Fadhilah Suralaga, Dkk, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah, 2010.
Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran ,Bandung: Alfabeta, 2010.
Syaifurrahman, DKK, Manajemen dalam Pembelajaran, Jakarta: PT Indeks, 2013
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan,