PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM MANDIRI PANNUJUANG KABUPATEN GOWA
Keywords:
Bahasa, Ekspresif, Bermain PeranAbstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang berusaha mengkaji beberapa aspek terkait bagaimana meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini 5-6 tahun melalui kegiatan bermain peran dan merefleksikan secara mendalam kegiatan belajar mengajar,interaksi guru dan anak, interaksi antar anak untuk dapat menjawab permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan bahasa pada anak usia dini dikelompok B Taman Kanak-Kanak Islam Mandiri Pannujuang Kabupaten Gowa. Hal Tersebut dapat dilihat bahwa hasil penelitian setelah dilakukan metode bermain peran bahwa tingkat kemampuan bahasa peserta termasuk pada kategori mulai berkembang ada 1 orang anak, sedangkan kemampuan peserta didik dengan kategori berkembang sesuai harapan ada 5 orang dan kemampuan peserta didik dengan kategori berkembang sangat baik ada 4 orang
References
Ade, Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Rineka Cipta,2010
Ali Nugrahadan Yeni Rachmawati(2006:7:12),Kreatifitas Berbahasa Bagi AUD
Beaty J. Janice. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini.Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri
Depdikbud(1984-1985.7), tentang pengertian Bahasa secara umum
Depdiknas, Undang-Undang No 5 tahun 2007, tentang Bidang Pengembangan Bahasa di TK
Depdiknas Undang-Undang No. 20 tahun 2003, tentang Sistim Pendidikan Nasional
Hariyadi dan Zamzani, tentang Peningkatan Keterampilan Berbahasa, Jakarta,Depdikbud,1997,54
Hasmah Sitti. 2015. Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Cerita Gambar Seri Di Taman Kanak-kanak ABA Lemo Kec. Kajuara, Kab. Bone:Skripsi tidak diterbitkan. Makassar:Universitas Negeri Makassar
Hurlock B. Elizabeth. 1987. Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi Keenam. Penerbit Erlangga IKAPI. Jakarta:PT. Gelora Aksara Pratama
Kamus Besar Bahasa Indonesia (2003:88), tentang Pengertian bahasa (Surabaya,Balai Pustaka, 1988)
Depdiknas, Undang-Undang No. 3,tentang Bahasa tahun 2005
Djawat dahlan,psikologi perkembangan anak dan remaja ,remaja rosdakarya, bandung 2009Moeslichatoen(2004:38) tentang Bermain Peran (Bermain Pura-Pura)
Ending Fatimah . psikologi perkembangan, remaja rosda karya, bandung,2006. Gunarti, Winda, dkk.. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka 2008.
Mulyasa E, Manajemen PAUD, remaja rosda karya, bandung,2012
Moeslichatoen, Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Rineka Cipta,2004
Permendikbud. 2014. nomor 146 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Rasyid Mansyur ,Surangkono, tentang Tujuan Berbahasa , 2009
Sanjaya Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Sujiono, Bambang, M. S. Sumantri, and Titi Chandrawati. "Hakikat Perkembangan Motorik Anak." Modul Metode Pengembangan Fisik (2010): 1-21.
Susanto Ahmad.2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori). Jakarta: PT. Bumi Aksara
Syaiful Sagala(2007);Fitria Prasasti(2011:20), tentang Kelebihan Bermain Peran,Faktor yang mempengaruhi kualitas suara
Tarigan, tentang Membaca sebagai suatu keterampilan, (Bandung, Angkasa, 2010)
Universitas Terbuka (2006;7),tentang Pengertian Bermain Peran,(Jakarta, 2006)