PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PAUD DALAM MENINGKATKAN POTENSI ANAK DIDIK DI TK AISYIYAH BORIMATANGKASA KABUPATEN GOWA

Authors

  • Hajrawati Universitas Islam Makassar
  • Supriadi Universitas Islam Makassar
  • Nasaruddin Universitas Islam Makassar

Keywords:

pengelolaan Pembelajaran, Potensi Anak Usia Dini.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui Pengelolaan Pembelajaran PAUD di TK Aisyiyah Borimatangkasa Kabupaten Gowa, (2) Untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran dalam meningkatkan potensi anak didik di TK TK Aisyiyah Borimatangkasa Kabupaten Gowa, (3) Untuk mengetahui Faktor faktor yang berpengaruh dalam Pengelolaan Pembelajaran PAUD dalam meningkatkan Potensi Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Borimatangkasa Kabupaten Gowa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini di uraikan berdasarkan pendapat Kepala sekolah dan guru  mengemukakan bahwa Perencanaan selalu dilakukan terlebih dahulu dalam membuat suatu kegiatan dan program yang ada di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Borimatangkasa Kabupaten Gowa  dan selalu melibatkan anggota PAUD yaitu dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut, baik kepala PAUD dan guru selalu terjalin kerjasama dan komunikasi.

References

Arief, Armai. 2002. Pengenatar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta.Ciputat Pers.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Asmawati. 2002. Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Rineka Cipta.

Ahnan, Maftuh. Asy. 2012. Kumpulan Hadits Terpilih Shahih Bukhari. Surabaya.

Terbit Terang.

Annur, Saipul. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Palembang. Grafika TelindoPers.

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta. Departemen Agama RI. 1983-1984. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta. ProyekPengadaan Kitab Suci Al-Qur’an.

Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta.

Rajawali Pers.

Latif, Mukhtar. Dkk. 2014. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori danAplikasi. Jakarta. Kencana Prenamedia.

Mulyasa. H.E. 2014. Manajemen PAUD. Bandung. Remaja Rosdakarya. Mulyasa. H.E. 2012. Manajemen PAUD. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Moleong .J Lexy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung.Remaja Rosdakarya.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. PT. Rineka Cipta. Nasution. 1996. Metodologi Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung. Tarsito. Sudjana. Nana. 1995. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum Sekolah. Bandung.

Sinar Baru Al-Gasindo.Sugiono. 2010. Metode Penelitian, Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung.CV. Alfabeta.

Sukardi. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetansi dan Praktiknya.Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Susilo, Setiadi. 2016. Pedoman Akreditasi PAUD. Jakarta. Bee Media Pustaka. Susilo, Setiadi. 2016. Pedoman Penyelenggaraan PAUD. Jakarta. Bee MediaPustaka.

Sabiq. Sayyid. 1994. Islamuna. Terj. Zainuddin, dkk. Islam di Pandang Dari Segi Rohani, Moral, Sosial. Jakarta. Rineka Cipta.Undang-undang Nomor. 20 Tahun. 2003.

Yahya Kusbudiah, “Pengelolaan Pembelajaran di RA/TK/PAUD Sebagai Upaya Mengoptimalkan Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini” http://bdkbandung.kemenag.go.id./jurnal/276 (16 Mei 2016)

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Hajrawati, Supriadi, & Nasaruddin. (2023). PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PAUD DALAM MENINGKATKAN POTENSI ANAK DIDIK DI TK AISYIYAH BORIMATANGKASA KABUPATEN GOWA. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(3), 894–916. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/119

Issue

Section

ARTICLES