PENERAPAN METODE SOSIODRAMA MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN DI SD PARANG KLS V
Keywords:
Pembelajaran Tematik, Pengembangan, Discovery Learning, LKPDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui berapa besar penerapan sosiodrama terhadap prestasi belajar peserta didik di SD Inpres Parang. Penelitian ini mengunakan metode penelitian bermain peran (Role Playing). Adapun objek penelitian adalah siswa Kelas V Sd Inpres Parang. Analisis data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis ptk.hasil penelitian dapat meningkat kan hasil belajar pkn siswa. Hal dapat di lihat dari perolehan hasil belajar yang guru berikan setiap akhir siklus. Perolehan hasil belajar siswa pada sikus I siswa denga hasil belajar tuntas pada pelajaran pkn 11 siswa mencapai rata-rata 80,0 sedangkan siswa yang belum tuntas 14 siswa dengan nilai rata-rata 55,0 atau sebesar 56% dengan nilai rata-rata kelas 63,0. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 25 orang dengan presentase 100% dan dengan nilai rata-rata kelas 83,2. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penelitian Di Sd Upt Spf Inpres Parang Di Katakan Berhasil Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Untuk Siswa Kelas V Sd Upt Spf Inpres Parang Makassar. Berdasarkan perolehan dan perbandingan hasil belajar siswa pada siklus I, dan siklus II. Maka hipotesis tindakan diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa motode bermain peran (Role Playing), dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Ahmadi, Abu Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia, 2005
Al-Ghazali, Imam Ihya Ulumudin, Juz 2 Al Maktabah Al Syamsil
Al-Muslim, Imam, Shahih Muslim, Juz 13 Al Maktabah Al Syamsil
Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2007
________________, Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2006
Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Mardapi, Djemari Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes, Yogyakarta: Mitra Cendikia, 2008
Harjanto, Perencanaan pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005
Ma`mur, Jamal 7 Tips Aplikasi PAKEM, Yogyakarta, Diva Press, 2011
Masitoh & Dewi, Laksmi Strategi Pembelajaran, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam, Depag, 2009
Mustaqim, Psikologi Pendidikan, Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2009
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, kalam Mulia, 2002
Roestiyah NK, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Rineka Cipta, 2008
Sudjana, Nana Penilaian Hasil Proses Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2006
____________, Dasar-Dasar Proses belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2002
_____________, CBSA: Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar
Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2007
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan, bandung: Alfabeta, 2010
Suryabrata, Sumadi Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawalui Press, 2010
Usman, Basyiruddin Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2003
Syah, Muhibbin Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010 http:/oktanovia-berwandi.blogspot.com/2013/10/metode-sosiodrama-danteknik.html, diakses pada tanggal 20 September 2014