PENERAPAN METODE SOSIODRAMA MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN DI SD PARANG KLS V

Authors

  • Abdul Wahid Universitas Islam Makassar
  • Nasaruddin Universitas Islam Makassar
  • Rahmi Universitas Islam Makassar

Keywords:

Pembelajaran Tematik, Pengembangan, Discovery Learning, LKPD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui berapa besar penerapan sosiodrama terhadap prestasi belajar peserta didik di SD Inpres Parang. Penelitian ini mengunakan metode penelitian  bermain peran (Role Playing). Adapun objek penelitian adalah siswa Kelas V Sd Inpres Parang. Analisis data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,  angket dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis ptk.hasil penelitian dapat meningkat kan hasil belajar pkn siswa. Hal dapat di lihat dari perolehan hasil belajar yang guru berikan setiap akhir siklus. Perolehan hasil belajar siswa pada sikus I siswa denga hasil belajar tuntas pada pelajaran pkn 11 siswa mencapai rata-rata 80,0 sedangkan siswa yang belum tuntas  14 siswa dengan nilai rata-rata 55,0 atau sebesar 56% dengan nilai rata-rata kelas 63,0. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 25 orang dengan presentase 100% dan dengan nilai rata-rata kelas 83,2. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penelitian Di Sd Upt Spf Inpres Parang Di Katakan Berhasil Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Untuk Siswa Kelas V Sd Upt Spf Inpres Parang Makassar. Berdasarkan perolehan dan perbandingan hasil belajar siswa pada siklus I, dan siklus II. Maka hipotesis tindakan diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa motode bermain peran (Role Playing), dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Ahmadi, Abu Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia, 2005

Al-Ghazali, Imam Ihya Ulumudin, Juz 2 Al Maktabah Al Syamsil

Al-Muslim, Imam, Shahih Muslim, Juz 13 Al Maktabah Al Syamsil

Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2007

________________, Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2006

Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Mardapi, Djemari Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes, Yogyakarta: Mitra Cendikia, 2008

Harjanto, Perencanaan pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005

Ma`mur, Jamal 7 Tips Aplikasi PAKEM, Yogyakarta, Diva Press, 2011

Masitoh & Dewi, Laksmi Strategi Pembelajaran, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam, Depag, 2009

Mustaqim, Psikologi Pendidikan, Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2009

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, kalam Mulia, 2002

Roestiyah NK, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Rineka Cipta, 2008

Sudjana, Nana Penilaian Hasil Proses Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2006

____________, Dasar-Dasar Proses belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2002

_____________, CBSA: Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar

Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2007

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan, bandung: Alfabeta, 2010

Suryabrata, Sumadi Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawalui Press, 2010

Usman, Basyiruddin Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2003

Syah, Muhibbin Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010 http:/oktanovia-berwandi.blogspot.com/2013/10/metode-sosiodrama-danteknik.html, diakses pada tanggal 20 September 2014

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Abdul Wahid, Nasaruddin, & Rahmi. (2023). PENERAPAN METODE SOSIODRAMA MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN DI SD PARANG KLS V. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(3), 929–945. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/120

Issue

Section

ARTICLES