PERANAN PENDIDIK PAUD DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI (USIA 5-6 TAHUN) DI TK HARDIYANTI KOTA MAKASSAR
Keywords:
Peran Guru dan Karakter AnakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peran pendidik paud di TK Hardiyanti Kota Makassar, (2) Pembentukan karakter anak usia dini di TK Hardiyanti Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun objek penelitiannya adalah anak usia dini di TK Hardiyanti Kota Makassar. Sumber data dan penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa: (1) Peranan pendidik paud dalam menumbuhkan karakter pada anak usia dini di TK Hardiyanti Kota Makassar, peran pendidik adalah guru sebagai sumber belajar, guru sebagai fasilitator, guru sebagai pembimbing, guru sebagai demostrator, guru sebagai motivator, guru sebagai evaluator, guru sebagai mediator, dan guru sebagai pengelola. Metode pendidikan karakter adalah metode bercerita, meode tanya jawab, dan metode pemberian tugas. Strategi pendidikan karakter adalah strategi pemberian nasehat, keterampilan atau skill, strategi pembiasaan, strategi keteladanan, dan kerjasama dengan orangtua anak. Media pembelajaran dalam menumbuhkan karakter pada anak usia adalah media gambar. Evaluasi pembelajaran dalam menumbuhkan karakter anak usia dini adalah pemberian tugas, observasi, dan anekdot record. (2) Pembentukan karakter pada anak usia dini di TK Hardiyanti Kota Makassar adalah karakter kerjasama, tanggungjawab, percaya diri, mandiri, dan jujur.
References
Baharuddin dan Esa Nur Wahyu, 2017 “Teori Belajar dan Pembelajaran”, (Jogjakarta:Ar-ruz Media),
Charunnisa, Muhibbuddin, Khairil 2016. “Rekonstruksi Miskonsepsi Siswa PADA Konsep Materi Genetik Melalui Penarapan Model Learning Cycle 7E” Jurnal EduBio Tropika” Hal. 2
Delifi Eliza, Amalia Husnia, Nur Utaimi, Yolanda Dwi Putri DOI, 2022 “Studi Deskriptif Profesionalisme Guru PAUD Berdasarkan Prinsip-Prinsip Profesional Guru pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005”.
Departemen Agama Repoblik Indonesia islam”, (Jakarta:Bumi Aksara, 1991),
Eka Sapti Cahiyaningrum, Sudaryianti, Nurtanio Agus Purnomo 2017, “Pengembangan Nilai-nilai karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiiasaan Dan Keteladanan” (Yogyakarta Ar-Ruzz Media,. 2012).
Eka Saptii Cahiyaningrum, Sudaryanti, Nurtanio Agus Purwanto, 2017 ”Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan”. Yogyakarta.
Guntur Cahyono, 2017 “Pendidikan Karakter Perspektif Al-Qur’an dan Hadist”.
Huda, S. N. & Afriana, F. (2020), “Rasulullah Sebagai Role Model Bagi Pendidik” (kajian terhadap Al-Qur’an Surah Al-Ahzab Ayat 21).
Ika Budi Maryiani, 2016 “Peran Pendidik PAUD dalam Membangun Karakter Anak” Yogyakarta.
Lexy J. Moleiong, 2007 “Metode Penelitian Kualitati.”,(Bandung : Remaja Rosdaakarya)
Maria Fatimah Mardina Angkar, M.Pd. “Peran Guru Dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri” Yogyakarta, 2020. Vol. 3 No. 1 Hal. 3-4
Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3, Terj. Tjetjep Rohindi Rohidi, (Jakarta: UI Press,2014),
Nirwana, Octaviany Widyaningsih, Nursiah Sapaile 2018. “Pelatihan Kreativitas Clay Bagi Guru PAUD Kecematan Tambora, Jakarta Pusat” hal. 2
Nirwana, Octaviany Widyaningsih, Nursiah Sapaile 2018. “Pelatihan Kreativitas Clay Bagi Guru PAUD Kecematan Tambora, Jakarta Pusat” hal. 2
Nirwana 2016 “Pengaruh Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa di SD Negri 53 Langnga Kabupaten Pinrang, S1 Thesis, Pascasarjana. Hal. 2
Nirwana 2016 “Pengaruh Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa di SD Negri 53 Langnga Kabupaten Pinrang, S1 Thesis, Pascasarjana. Hal. 2
Samrin, 2018 “Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai)”, jurnal Al-ta’dib.
Setiyoadi Purwanto, 2011“Pengembangan Lagu Model Sebagai Media Peindidiikan Karakter Bagi Anak Usia Dini”, Tesis (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,).
Syaiful Saigala, 2016 “Konsep dan makna pembelajaran” (Cet. II, Bandung: Alfabeta 2005,).
Syarifah Ainiyah, 2013“Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren (Studi Analisis di Pondok Nurul Ummah Yogyakarta)”, Tesis (Yogyakarta: PPS UIN Sunan Kalijaga).
Theresia Alviani Sum, 2019 “Kompetensi Guru PAUD Dalam Pembelajaran di PAUD di Kacamatan Lengke Rembong Kabupaten Manggarai”, (Manggarai : “Jurnal Lonto Loek Pendidikan”).
Tika Saintika, 2008 “Peran Keluarga, Guru, Dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini”, (karawang : JUDIKA “Jurnal Pendidikan Uniska”,).
Umi Rohmah 2018 “Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD)” (Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak).
Undang-Undang No. 14 thn 2005 Tentang Guru Vol. 3. No 1, April (Tunas Siliiwangi : 2017)
Undang-Undang SISDIKNAS Vol. 8. No 2, Juli-Desember (Jakarta : Sinar Grafika, 2011).
Wahyullah Alannasir 2016 “Pengaruh Penggunaan Media Analisis Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mannuruki” Universitas Islam Makassar.
Wahyulla Alannasir 2016 “Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negri Manuruki” Hal. 3
Wahyulla Alannasir 2016 “Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negri Manuruki” Hal. 2
Wahyulla Alannasir 2016 “Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negri Manuruki” Hal. 2
Wahyulla Alannasir 2016 “Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negri Manuruki” Hal. 2
Wahyulla Alannasir 2016 “Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negri Manuruki” Hal. 2
Yesni Yenti 2021 “Pentingnya Peran Pendidik dalam Menstimulasi Perkembangan Karakter Anak di PAUD” Universitar Negri Padang.