PERAN GURU DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK HARDIYANTI

Authors

  • Kartika Universitas Islam Makassar
  • Nirwana Universitas Islam Makassar
  • Supriadi Universitas Islam Makassar

Keywords:

Peran Guru, Dampak Negatif Gadget, Interaksi Sosial Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1.) untuk mengetahui peran guru dalam mengatasi dampak negatif gadget terhadap interaksi sosial anak usia 4-5 tahun di TK Hardiyanti. 2.) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung interaksi sosial anak usia 4-5 tahun di TK Hardiyanti. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini berfokus pada peran guru dalam mengatasi dampak negatif gadget terhadapat interaksi sosial anak usia 4-5 tahun serta faktor penghambat dan pendukung interaksi sosial anak usia 4-5 tahun di TK Hardiyanti. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentai. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa peran guru yang dilakukan disekolah yakni (1) menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, (2) menciptakan pembelajaran yang bervariasi, (3) memberikan nasehat dan arahan kepada peserta didik serta (4) menjalin kerjasama dengan orang tua anak, hal ini mampu mengatasi dampak negatif gadget terhadap interaksi sosial anak-anak. Peran guru diatas terlihat pada kemampuan anak didalam menjalin komunikasi, kerjasama, simpati dan empati. Selain itu ada beberapa faktor penghambat dan pendukung interaksi sosial anak, faktor penghambat yaitu seperti anak kurang percaya diri, perilaku anak dan penggunaan gadget secara berlebihan, sedangkan faktor pendorong yaitu seperti hubungan dengan teman, dorongan dari guru, dan lingkungan yang mendukung.

References

Aditiya pratama, peran orang tua dalam mengawasi penggunaan gadget pada anak usia dini, (Lampung:2020)

Anita Oktaviana, Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Prespektif Hadis, (Kalijaga Yogyakarta) Jurnal Of Islamic Early Childhood Education. Vol.4, No. 2, November 2021

Basrowi dan Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif (Jakarta: Rineka Cipta, 2008), h. 1.

Betty Nila Purnamasari, N Nirwana, Sri Awan Asri, Penerapan Pembelajaran Literasi Dalam Menstimulasi Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan STIKIP Kusuma Negara, 2019.

Cyndi Kartika, Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Sisiwa (Medan:2018) Andini Khoirunisa, Analisis Interaksi Sosial Anak Usia Dini dengan Teman Sebaya di TK Dian Ekawati Kelompok B pada Masa Pademi Covid-19 (Jakarta:2021)

Ebi,S., Golden Age Parenting, (Yogyakarta: Psikologi Corner, 2017)Hal. 137

Elis Suryani, Dampak Penggunaan Gadget Bagi Anak Usia Dini (Jambi:2021)

https://m-kumparan-com/amp/babyologist/dampak-positif-dan-negatif-penggunaan-gadget-pada-sikecil. Diakses pada tanggal 18 jaunari 2023

M. Djunaidi Ghony dan Fauzan Almanshur, Metodologi Penelitian Kualitatif (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2017), h. 29.

M. Hafiz Al-Ayouby, Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini, (Bandar Lampung: 2017)

Nirwana Nirwana, Musda Mappapoleonro, Chairunnisa Chairunnisa, The Effect Of Gadget Toward Early Childhood Speaking Ability. Indonesia Jurnal Of Early Childhood Education Studies 7 (2), 2018, h. 86

Nirwana Nirwana, Musda Mappapoleonro, Chairunnisa Chairunnisa, The Effect Of Gadget Toward Early Childhood Speaking Ability. Indonesia Jurnal Of Early Childhood Education Studies 7 (2), 2018, h. 90

Putri Hana Pebriana, “Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini”, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1,No. 1 (2017)

Putri Hana Pebriana, Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, (Riau : PGSD FIP universitas Pahlawan Ruanku Tambusai), No. 01 Vol. 1 2017, h. 3

Siti Maemunawati dan Muhammad Alif, Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19, (Banten: 3M Media Karya, 2020), Hlm. 7-8 https://books.google.co.id/books?id=hJcFEAAAQBAJ

Syamsul kurniawan. 2014, Pendidikan Karakter Konsep & Implementasinya Secara Terpadu Dilingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan tinggi & Masyarakat. Yogyakarta:Ar-ruzz Media, h.134.

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

UUD Nomor 20 tahun 2003 sistem pendidikan nasional PAUD

Nirwana Nirwana, Musda Mappapoleonro, Chairunnisa Chairunnisa, The Effect Of Gadget Toward Early Childhood Speaking Ability. Indonesia Jurnal Of Early Childhood Education Studies 7 (2), 2018, h. 90

Nirwana Nirwana , Octaviany Widyaningih, Nursiah Sapaile, Pelatihan Kreativitas Clay bagi Guru PAUD Kecamatan Tambora, Jakarta Pusat, sawahita 15(01), 13-21, 2018

Nurhaedah, Supriadi, Satriani, Penerapan Model Pembelajaran Projet Bassed Learning Berbasis Pembelajaran Abad 21 dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa di Kabupaten Gowa, Algazali International Jurnal Of Education Research, Volume 3, Issue 1 Oktober 2020, hal 66

Nurhaedah, Rosidah salam, dan Supriadi, Pengaruh Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual (Ctl) Pendekatan Terhadap Prestasi Membaca Siswa Kelas V di SD Sapiria Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa, Prosiding 1st International Conference of Science and Technologi in Elementari Education, ICSTEE 2019, 14 September, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Supriadi, Jumriati, Abu Bakar Tumpu, Erwin Nurdiasnyah, Desain Pembelajaran Daring Untuk Mahasiswa Tunanetra Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Audio di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Makassar, AIJER: Algazali International Journal Of Eeducation Research, 2020, 3.1: 75-88

Nurhaedah, Supriadi, Satriani, Penerapan Model Pembelajaran Projet Bassed Learning Berbasis Pembelajaran Abad 21 dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa di Kabupaten Gowa, Algazali International Jurnal Of Education Research, Volume 3, Issue 1 Oktober 2020, hal 67

Muliana, Supriadi, Jusmaniar, Efektifitas Model Pembelajaran Konstuktivisme Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas III Sekolah Dasar di Kota Makassar, Algazali International Jurnal Of Education Research, Jilid 4, Edisi 1 Oktober 2021

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Kartika, Nirwana, & Supriadi. (2023). PERAN GURU DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK HARDIYANTI. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(3), 996–1005. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/125

Issue

Section

ARTICLES