EFEKTIVITAS METODE PROYEK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK HARDIYANTI

Authors

  • Wanda Universitas Islam Makassar
  • Andi Rezky Nurhidaya Universitas Islam Makassar
  • Supriadi Universitas Islam Makassar

Keywords:

Efektivitas, Metode Proyek, Meningkatkan Kemampuan Literasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode proyek dalam meningkatkan kemampuan literasi pada anak usia 4-5 tahun di TK Hardiyanti. Jenis penelitiannya adalah kualitatif. Penelitian ini berfokus pada keefektifan metode proyek dalam meningkatkan kemampuan literasi pada anak usia 4-5 tahun di TK Hardiyanti. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dekumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengumpulkan data adalah pengumpulan data, Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan bahwa TK Hardiyanti telah menerapkan pembelajaran metode proyek dalam meningkatkan kemampuan literasi pada anak, penerapan pembelajaran metode proyek efektive di gunakan dalam mengembangkan kemampuan literasi pada anak usia dini yang dimana metode proyek melibatkan anak dalam proses memecahkan masalah baik secara individu maupun secara kelompok. Hal ini dapat mempengaruhi dan mengembangkan kemampuan literasi anak dalam mengenal angka dan huruf, kemampuan anak dalam memahami tugas yang diberikan guru, serta kemampuan anak dalam mengucapkan antara huruf dan pengucapannya.

References

A.Rezky Nurhidaya, Azaz Akbar, Ashar, Ince Prabu, Syarifuddin Odeng. Perkembangan Guru Tinggi Islam Di Indonesia . Al urwatul wustqa. Volume 2. No 1: Juni 2022. Hlm 25

Andi Rezky Nurhidaya, Riskal Fitri. Meningkatkan Karakter Anak Melalui Pendekatan Saintifik Di RA AL Ikhlas Kabupaten Barru. Algazali Internatioanl Jurnal Of Educational Research, vol 2. Issue 1. Oktober 2019

Andi Rezky Nurhidaya, Yuyun Gustiani. Peningkatan Kemandirian Melalui Kegiatan Pembelajaran Pratical Life pada Kelompok Bermain Asoka Makassar. Jurnal Edukasi Nonformal. Vol. 4 No. 1. Hlm 533

Andi Rezky Nurhidaya. Meningkatkan Kerjasama Anak Melalui Permainan Menyusun Puzzle Di TK Avanti Kota Makassar, (Makassar:2019) vol 1,No 1, hlm 210.

Andi Rezky Nurhidaya. Meningkatkan Kerjasama Anak Melalui Permainan Menyusun Puzzle Di TK Avanti Kota Makassar, (Makassar:2019) vol 1,No 1, hlm 210.

Deni Ernawati, Siti Wahyuningsi Dan Warangnaningtyas Palupi. Penerapan Metode Proyek Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosialisasi Anak.(Universitas Sebelas Maret : 2012-2013) Hlm 7

Dwi yulianto, aninditya sri nugraheni. Efektivitas pembelajaran daring dalam pembelajaran Bahasa Indonesia (Yogyakarta:2021) jurnal pendidikan teknologi informasi, vol 1. No.1

http://desperpusip.tegalkab.go..id/berita/?p=228 diakses pada tanggal 17 maret 2023

http://www.silabus.web.id/anak-usia-dini/amp/ diakses pada tanggal 17 maret 2023

https://id.m.wikipedia.org/wiki/literasi, di akses pada tanggal 20 september 2022

https://m.tribunnews.com/pendidikan/2022/07/19/jenis-jenis-literasi-menurut-komendikbud-dan-6-komponen-dasar-literasi-setiap-bidang

https://www.medcom.id./pendidikan/tips-pendidikan/PNg7190N-4-tahap-analisis-data-kualitatif-dalam-penelitian-sosial diakses pada tanggal 14 februari 2023

Ibid, hlm 2

Jurnal Pendidikan Usia Dini, Afifatu Rohmawati , Efektifitas Pembelajaran, Vol 9 Edisi 1, April 2015 Hlm 16

Lexy J,, Moleong. Metode penelitian kualitatif.(bandung : remaja rosdaakarya 2007 ), hlm 4

Moeslichatoen, metode pengajarandi taman kanak-kanak, ( Jakarta PT rineka cipta 2004) hlm 146

Muliana, Supriadi, Jusmaniar. Efektivitas Model Pembelajaran Kontraktivisme Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas III Sekolah Dasar Di Kota Makassar. Algazali Internatioanl Jurnal Of Educatioanl Research. Vol 4, Issue 1, Oktober 2021. Hlm 23

Muliana, Supriadi, Jusmaniar. Efektivitas Model Pembelajaran Kontraktivisme Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas III Sekolah Dasar Di Kota Makassar. Algazali Internatioanl Jurnal Of Educatioanl Research. Vol 4, Issue 1, Oktober 2021. Hlm 24

Nurhaeda, Rosida Salam, Supriadi. Pengaruh Pengajaran Dan Pembelajaran Kontekstual (Cti) Pendekatan Terhadap Prestasi Membaca Sisiwa Kelas V SD Sapiria Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Preseoding Is International Comfereance Of Science ICSTEE 2019, 14 September Makassar, South Sulawesi , Indonesia, 2019

Nurhaeda, Supriadi, Satriani. Penerapan Medol Pembelajaran Based Learning Berbasis Pembelajaran Abad 21 Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kabupaten Gowa. Algazali Internatioanl Research. Vol 2, Issue 1, Oktober 2019. Hlm 66

S.Margono, metodologi penelitian Pendidikan (cet.VII; Jakarta : Rineka cipta, 2014) hlHlm, 155

Sugiono, Metode Penelitian Kualitatif ( Cet:I;Bandung: Alfabeta,2012), hlm 246

Sugiono, Metode Penelitian Kualitatif ( Cet:I;Bandung: Alfabeta,2012), hlm 247

Supriadi, Jumriati, Abu Bakar Tumpu, Erwin Nurdiansyah. Desain Inovasi Pembelajaran Daring Untuk Mahasiswa Tunanetra Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Audio Di Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Islam Makassar. Algazali International Jurnal Of Educatioanl Research, Vol 2, Issue 1. Oktober 2020. Hlm 76

Thensia Alviani Sum “Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Di PAUD Di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai 2019” Vol 2,No 1 Hlm 4

UUD Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional PAUD

Vidya Dwi Amalia Zati . Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini (Medan: 1 juni 2018) hlm 19

Wartomo,M.Pd. Membangun Budaya Litarasi :Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini (wartomo@campus.ut.ac.id) diakses pada tanggal 18 maret 2023

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Wanda, Andi Rezky Nurhidaya, & Supriadi. (2023). EFEKTIVITAS METODE PROYEK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK HARDIYANTI . INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(3), 1006–1016. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/126

Issue

Section

ARTICLES