IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO ASSISTED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV DI UPT SPF SD NEGERI BADDOKA

Authors

  • Amelina Universitas Islam Makassar
  • Badruddin Kaddas Universitas Islam Makassar
  • Wahyullah Alannasir Universitas Islam Makassar

Keywords:

Video Assistet Learning, Kemampuan Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran menggunakan video assisted learning dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa di kelas IV SD Negeri Baddoka. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Baddoka kota Makassar. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research yang bersifat deskriftif yaitu penelitian yang menggambarkan data informasi yang berdasarkan kenyataan (fakta) yang diperoleh di lapangan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan siswa SD Negeri Baddoka. Adapun sumber data terdiri dari informan utama dan pendukung. Analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penariakan kesimpulan. uji keasbsahan data meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan video assisted learning dalam proses pembelajaran jarang digunakan karena beberapa kendala di antaranya jaringan wifi yang tidak stabil dan gangguan dari kelas lain jika bersamaan menggunakan pembelajaran berbasis video. Namun pada saat menggunakan video dalam proses pembelajaran kemampuan kognitif siswa meningkat dibandingkan jika tidak menggunakan media, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang meningkat. Selain itu kemampuan kognitif bukan hanya dipengaruhi oleh kreativitas guru tetapi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya adalah faktor hereditas/keturunan, faktor lingkungan, faktor kematangan, faktor pembentukan, faktor minat dan bakat, faktor kebebasan, dan faktor gizi semasa masih dalam kandungan.

References

Abdul Majid.Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (Bandung:Remaja Rosdakarya, 2014).

Abudin Nata. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran .Jakarta: Kencana. 2009.

Ahmad Susanto. Perkembangan Anak Usia Dini.( Jakarta: Kencana 2010)

Arif furchan. pengantar metodologi penelitian kualitatif. Surabaya : Usaha nasional. 1992.

Bachri BS.Menyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitan kualitatif. J Teknol pendidik.2010.

Hadi S. Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif pada Skripsi. Ilmu Pendidik.

Imam gunawan. metode penelitian kualitatif, teori dan praktek. Jakarta : Bumi Aksara. 2013.

Isiaka B. Efektifitas Media Pembelajaran Video dalam Pembelajaran Ilmu Pertanian dan Lingkungan Anak Pedesaan.International Journal of Education and Development. 2007; 3(3) .

Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.2012.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3, Terj. Tjetjep Rohindi Rohidi. Jakarta: UI Press.2014.

Sugiono,dkk. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka. 2008.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.2013. cet ke-19.

Wahyullah Alannasir. 2018. Pengaruh Penerapan Media Animasi Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran IPASiswa Kelas IV SD Inpres Sudiang 1. Link: http://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/dikdas.

WahyulahAlannasir. 2020. Aspek Perkembangan Siswa Berbasis Karakteristik.

Wahyullah Alannasir. “Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Ips Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Mannuruki”. google scholar. 2016.

WahyulahAlannasir. 2020. Aspek Perkembangan Siswa Berbasis Karakteristik.

Wahyullah Alannasir. 2018. Pengaruh Penerapan Media Animasi Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran IPASiswa Kelas IV SD Inpres Sudiang 1. Link: http://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/dikdas.

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Amelina, Badruddin Kaddas, & Wahyullah Alannasir. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO ASSISTED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV DI UPT SPF SD NEGERI BADDOKA. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(3), 1017–1030. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/127

Issue

Section

ARTICLES