PERKEMBANGAN LITERASI ANAK PINGGIRAN MELALUI KEGIATAN BERCERITA ANAK USIA DINI DI TK PABBATA UMMI KOTA MAKASSAR

Authors

  • St Hatija Universitas Islam Makassar
  • Endang Ruswiyani Universitas Islam Makassar
  • Abd Hakim Naba Universitas Islam Makassar

Keywords:

Perkembangan Literasi, Kegiatan Bercerita, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Perkembangan Literasi Anak Pinggiran Melalui Kegiatan Bercerita Pada Anak Usia Dini Di TK Pabbata Ummi. Jenis penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan media audio visual dalam kegiatan bercerita mengenal huruf dan angka. Hasil penelitian terhadap 10 peserta didik, yang terlihat saat proses pembelajaran dalam  melakukan kegiatan  bercerita dengan menggunakan media audio visual yaitu ada 1 peserta didik mengalami Berkembang sangat baik (BSB) dalam mengenal huruf dan angka,8 diantaranya Berkembang sesuai harapan(BSH)  dan 1 diantaranya  Belum Mulai Berkembang(MB).Dari hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan metode bercerita serta menggunakan media audio visual dapat meningkatkan perkembangan literasi anak dalam kegiatan bercerita khususnya pada anak usia 5 tahun.

References

Anisa Herlida sari.2016, peningkatan, Emosi anak melalui metode Bercerita Dengan Boneka Tangan, Jurnal ilmiah, Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1, No 2.

Apriyanti Yofita Rahayu. 2013, menumbuhkan kepercayaan Diri melalui kegiatan bercerita, jakarta: Pt indeks,

Arikunto 2010 , prosedur penelitian suatu pendekatan praktik,hlm 185

Choirul umma. 2012, “pengaruh metode bercerita Bermedia Flip Chart terhadap kemampuan berbicara anak usia dini kelompok B, Jurnal PG- PAUD, vol.2 No 4, maret.

Daniel Geolman. 2000, kecerdasan Emosional untuk Mencapai puncak Prestasi Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Edi hendri Mulyana dkk. 2017, kemampuan anak usia dini pada kelompok B Di TK PERTIWI DWP, kecamatan Tawang Tasik malaya Jurnal PAUD Agamedia vol 1, No 2,

Eva Nur Izza.2012/2013., Pengaruh penggunaan Metode bercerita Terhadap Perkembangan kecerdasan emosional Pada Anak kelompok B TK Dharma Wanita Kedung gempol tahun PelajaranSrikpsi, Universitas Negeri Surabaya.

Hasnida,2015. Analisa kebutuhan Anak Usia Dini, Jakarta : PT. Luxima Metro Media,

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian.

Suryady,2014. Teori Pembelajara Anak Usia Dini, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanty Selaras Ndari, dkk, 2018.Metoode Perkembangan Sosial Emosi Anak UsiaDini, Jawa Barat : Edu Publisher.

Winda Gunarti Lilis, Suriyani, Azizah Muis,2010. Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini, Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

St Hatija, Endang Ruswiyani, & Abd Hakim Naba. (2023). PERKEMBANGAN LITERASI ANAK PINGGIRAN MELALUI KEGIATAN BERCERITA ANAK USIA DINI DI TK PABBATA UMMI KOTA MAKASSAR. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(3), 1031–1047. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/128

Issue

Section

ARTICLES