PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Authors

  • mardiana M.Pd STKIP BUDIDAYA

Keywords:

Numbered Head Together (NHT), , Team Games Tournament (TGT), , Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Tujuan dalam penelitian eksperimen semu ini adalah untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Team Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah siswa berbentuk uraian. Pokok bahasan yang diajarkan adalah matriks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Swasta Harapan Stabat, sampel eksperimen A berjumlah 35 orang dan sampel eksperimen B berjumlah 33 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen A 44,99 dan rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen B 68,03. Setelah dilakukan uji-t diperoleh t hitung  7,628 dan ttabel 1,996. Hal ini menunjukkan thitung  > ttabel dan dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dalam penelitian ini terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TGT.

References

Abdurrahman,Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. (Jakarta: Rineka Cipta:2009) Hal.257

AriYanti Sri, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Universitas Lampung 2016

Dahlan, Taufiqullah. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dan Jigsaw Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa MTS Pada Poko bahasan Relasi dan Fungsi, Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning And education, Vol.1, No.1 Desember 2016

Daryanto. (2010), Belajar dan Mengajar, Cetakan I, Yrama Widya, Bandung.

Fadjar Shadiq, Model-Model Pembelajaran Matematika SMP, (Yogyakarta:Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika, 2009)

Kurniasih Imas. Sani Berlin, Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 ( Memahami berbagai aspek), (Yogyakarta: Kata Pena, 2015)

Yustitia Via, Efektifitas Model Pembelajaran Team Games Tournament Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 4 Taman. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya 2015

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

M.Pd, mardiana. (2023). PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(1), 79–88. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/13

Issue

Section

ARTICLES