ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH SD NEGERI 2 RIJANG PANUA KABUPATEN SIDRAP
Keywords:
Motvasi, Pembelajaran DaringAbstract
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan studi literatur yang berusaha memberikan solusi bagaimana pemberian motivasi dilakukan ketika Strategi implementasi penanaman motivasi belajar siswa melalui multiple intelligences berbasis portofolio dengan diitegrasikan pada mata pelajaran merupakan suatu upaya dalam proses pembelajaran untuk dapat mengembangkan life skill atau kecakapan peserta didik. Pembelajaran pemberian motivasi siswa kelas V UPT SD Negeri 2 Rijang Panua yaitu dengan tanpa melakukan tatap muka tetapi melalui platform yang telah tersedia, dan bentuk materi pelajaran yang dilakukan secara online, komunikasi secara online, dan tes dilakukan secara online. Adapun faktor penghambat pada pembelajaran daring sering terjadinya kendala jaringan sehingga harus menunda pembelajaran dan waktu pembelajaran hanya sebentar serta tidak dapat melakukan pengawasan kepada peserta didik. Hasil penelitian bahwa peserta didik secara aktif mengembangkan potensi belajar yang dimiliki disesuaikan dengan kompetensi dasar yang diajarkan dan aktualisasi terutama dalam kaitan dalam menghadapi covid-19. Semangat belajar siswa dalam menerapkan motivasi yang di berikan telah membudaya artinya semangat belajar murid kelas V menonjol pada kategori selalu dengan yang peduli, religius, ulet, tekun dan tanggung jawab. Sedangkan motivasi yang masih jarang ditanamkan pada siswa adalah motivasi yang mampu merusak semangat belajar siswa.
References
Andi Besse Marda. Penerapan metode pembelajaran Mind Mapping Berbasis Pendekatan Lesson Learned Dalam Meningkatkan Disiplin dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD Negeri Kapasa Kota Makassar. Makassar: Alena: 2023
Arianti. 2018. Perananan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Kependidikan: Didaktika, Vol.12, No. 2
Depdiknas, 2010 h. 1 Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Good L Thomas and Jere E. Brophy, Educational Psychology: A Realistic Approach, New York: Longman, 1990.
Kusumarini Euis Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda Korespondensi penulis euskusumarini211@gmail.com PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Vol. 1, NO 1 JanuarI 2021 e-ISSN: 2962-4002; p-ISSN:2962-4401.
Sondang P. Siagian, Teori Motivasi dan Aplikasinya, Jakarta: PT. Bina Aksara, 1990.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta; 2017