BUDAYA LITERASI ANAK PINGGIRAN DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI 4C MELALUI KEGIATAN ASISTENSI MENGAJAR ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK PABATTA UMMI MAKASSAR

Authors

  • Damayanti Suci Ramadhani Universitas Islam Makassar
  • Abd Hakim Naba Universitas Islam Makassar
  • Nasaruddin Universitas Islam Makassar

Keywords:

Budaya Literasi, Kompetensi 4C, Asistensi Mengajar

Abstract

Untuk mengetahui (1) Budaya Literasi di TK Pabatta Ummi Makassar, (2) Kompetensi 4C Melalui Kegiatan Asistensi Mengajar di TK Pabatta Ummi Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Adapun objek penelitiannya adalah anak usia dini di TK Pabatta Ummi Makassar. Sumber data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan terdiri dari tiga tahapan kegiatan yang saling terkait antara satu sama lain, yaitu : reduksi data, penyajian (display) data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa: (1) Berdasarkan hasil analisis, maka dapat di simpulkan oleh peneliti sebagai               berikut adalah 3 dari 2 sampel observasi orangtua peserta didik menyatakan bahwa mereka membantu dan mendorong segala proses perkembangan peserta didik, mulai dari rumah sampai ke sekolah,sedangkan 1 sampel orangtua adalah tipikal orangtua yang hanya memantau perkembangan peserta didik atau mengecek kemampuan tersebut hanya sesekali. Kegiatan budaya literasi dan kompetensi 4C tersebut berdampak baik bagi keberhasilan peserta didik, di mana peserta didik yang awalnya belum mampu pada akhirnya memiliki perubahan yang signifikan dan terlihat dengan jelas. (2) Melalui kegiatan asistensi tersebut peserta didik dapat terdorong untuk lebih aktiv dalam kegiatan belajar, serta meningkatkan kemampuan budaya literasi dan kompetensi 4C tersebut. Kemampuan dan keterampilan mahasiswa asistensi mengajar      dalam melaksanakan pembelajaran sangatlah diperlukan, terutama dalam hal variasi mengajar dan pengelolaan kelas. Hal tersebut bertujuan agar peserta didik dapat antusias dalam mengikuti pembelajaran.

References

Adriyani S. Suiryana D. 2020. Eifeiktifitas Napkin Folding Teirhadap Peirkeimbangan Motorik Haluis Anak Di Taman Kanak-Kanak. Juirnal peindidikan Tambuisai. Uiniveirsitas Neigeiri Padang. No 4, 282–86.

Auilinda Fikri I. 2020. Meinanamkan Buidaya Liteirasi Pada Anak Uisia Dini Di Eira Digital. (Onlinei). Juirnal Peimikiran dan Peineilitian Peindidikan Anak Uisia Dini. Uiniveirsitas PGRI Seimarang. Vol 6 Nomor 2 Tahuin 2020.

Amalia Eika R. 2019. Meiningkatkan Peirkeimbangan Bahasa Anak Uisia Dini Deingan Meitodei Beirceirita. (Onlinei). Instituit Peisantrein KH. Abduil Chalim (IKHAC), Mojokeirto.

Amini M. Aisyah S. 2014. Hakikat Anak Uisia Dini. (Onlinei). Peingeimbangan dan Konseip Dasar Peingeimbangan Anak Uisia Dini.

Anggraini, V. (2019). Stimuilasi Keiteirampilan Meinyimak Teirhadap Peirkeimbangan Anak Uisia Dini. Rauidhatuil Athfal: Juirnal Peindidikan Islam Anak Uisia Dini, 3(1), 30-44.

Arifuidin Opan. Dkk. 2021. Konseip Dasar Peindidikan Anak Uisia Dini. Widina Bhakti Peirsada Banduing.

Arsanti Meiilan. Zuileiha Ida. Suibriyantoro Suibriyantoro. & Haryati Nas S. (2021). Tuintuitan Kompeiteinsi 4C Abad 21 dalam Peindidikan di Peirguiruian Tinggi uintuik Meinghadapi Eira Socieity 5.0. Uiniveirsitas Neigeiri Seimarang . (Onlinei).

Ayui. Leistari (2021). Peirkeimbangan Keiteirampilan Beirbicara Anak Uisia Dini Meingguinakan Buikui Ceirita Beirgambar di TK. Uindeirgraduiatei theisis, Uiniveirsitas Islam Neigeiri Radein Intan Lampuing.

Deiiniatuir Muih. 2017. Peimbeilajaran Pada Anak Uisia Dini Meilaluii Ceirita Beirgambar. Instituit Agama Islam Neigeiri Meitro. Vol 3 eidisi Juili-Deiseimbeir 2017.

Fitriyani.n. & Joni. Peiningkatan Keimampuian Beirbicara Anak Meilaluii Meidia Ceirita Beirgambar Anak Keilompok B TK Ayui Smart Kids Batui Beilah. Juirnal Peindidikan Anak Uisia Dini. Uiniveirsitas Pahlawan Tuiankui Tambuisai. Vol 1, No 1. Oktobeir 2017.

Fuiadi Marjan Tuiti. (2021). Konseip Meirdeika Beilajar Kampuis Meirdeika. (Onlinei).

Seiminar Nasional Biotik. Vol 9, No 2 (2021).

Khaironi M. 2018. Peirkeimbangan Anak Uisia Dini. (Onlinei). Juirnal Goldein agei. Uiniveirsitas Hamzanwadi. Vol 3 No.1. Hal 1-12.

Kuirnia R. 2018. Keimampuian Meinuilis Anak Uisia Dini. (Onlinei). Juirnal Eiduichild: Peindidikan dan Sosial. Vol. 7 No. 2.

Mawardah,. Raniah V. 2022. Eifeiktivitas Meitodei Peimbeilajaran Beirceirita Teirhadap Keibeiranian Anak dalam Meinguingkapkan Peindapat di TK Pluis Qiraati Yapita Suirabaya. (Onlinei). Uindeirgraduiatei theisis, UiIN Suinan Ampeil Suirabaya.

Meizui Feibiyanda Deisti. 2020. Meingeimbangkan Keimampuian Meimbaca Peirmuilaan Anak Meilaluii Peirmainan Kartui Huiruif Anak Uisia 5-6 Tahuin di Pauid. Uiniveirsitas Islam Neigeiri Radein Intan Lampuing.

Moleiong. Leixy j. 2007. Meitodologi Peineilitian Kuialitatif. Banduing: Reimaja Rosdakarya.

Moleiong. 2007. Meitodei Peineilitian Kuialitatif. Eidisi reivisi. Banduing: PT Reimaja Rosdakarya.

Muirsalim. 2017. Peinuimbuihan Buidaya Liteirasi Deingan Peineirapan Ilmui Keiteirampilan Beirbahasa (Meimbaca dan Meinuilis). Vol 3 No 1 Juini 2017.

Nuirhayati Ria. 2019. Meimbanguin Buidaya Liteirasi Anak Uisia Dini Dalam Keiluiarga.(Onlinei). Juirnal Nuiansa Akadeimik. Stay Yogyakarta. Vol 4 No 1, Juini 2019, p. 79-88.

Safaringga Vina., Leistari Dwi W. & Aeini Nuir A. 2022. Impeileimeintasi Program Kampuis Meingajar uintuik Meiningkatkan Motivasi Beilajar Siswa di Seikolah Dasar. (Onlinei). Juirnal Basiceidui. Vol 6, No 3 (2022).

Seityorini Ari. & Masuilah. 2019. Peilatihan Meinuilis Sastra bagi Guirui-Guirui Seikolah Dasar Sidoarjo Seibagai Uipaya uintuik Meingeinalkan Liteirasi Sastra. (Onlinei). Seiminar Nasional Hasil Riseit dan Peingabdian. Uiniveirsitas Muihammadiyah Suirabaya.

Simarmata Janneir. 2019. Seimuia Bisa Meinuilis Buikui. (Onlinei). Kita Meinuilis. Uiniveirsitas Neigeiri Meidan.

Sobari Teiti. 2012. Peineirapan Teiknik Sikluis Beilajar Dalam Peimbeilajaran Meinuilis Laporan Ilmiah Beirbasis Vokasional. (Onlinei). Seimantik. IKIP Siliwangi. Vol 1, No. 1, Feibruiary 2012.

Suigiyono. 2010. Meitodei Peineilitian Peindidikan Peindeikatan kuiantitatif, kuialitatif, dan R&D. Banduing: Alfabeita.

Suitriai Eilma. & Octaviani Rika. 2019. Analisis Data dan Peingeiceikan Keiabsahan Data. (Onlinei).

Yuinaha Nanang A. & Aminy Aisah F. 2019. Optimalisasi Peiran Guirui Peindidikan Agama Islam seibagai Konseilor dalam Meingatasi Masalah Beilajar Siswa. Juirnal Peineilitian Peindidikan Islam. (Onlinei). Instituit Agama Islam Daruissalam (IAID) Ciamis Jawa Barat.

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Damayanti Suci Ramadhani, Abd Hakim Naba, & Nasaruddin. (2023). BUDAYA LITERASI ANAK PINGGIRAN DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI 4C MELALUI KEGIATAN ASISTENSI MENGAJAR ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK PABATTA UMMI MAKASSAR. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(3), 1055–1069. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/131

Issue

Section

ARTICLES