PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI INOVASI MANAJEMEN KURIKULUM DI SMA AL FATTAH SIDOARJO

Authors

  • Aninda Tri Safinatun Najah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Hikmah Dewi Febriyanti Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Keywords:

Manajemen Kurikulum, Inovasi, Kurikulum Merdeka, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Pendidikan memiliki peran sentral dalam pembentukan masyarakat yang berkualitas. Dalam konteks globalisasi dan kemajuan teknologi, peningkatan kualitas pembelajaran menjadi prioritas. Manajemen kurikulum, yang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, menjadi kunci dalam memastikan efisiensi dan kualitas pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada inovasi manajemen kurikulum di SMA Al Fattah Sidoarjo, terutama dengan menerapkan Kurikulum Merdeka. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan sumber data dari observasi, wawancara, dan literatur. Melalui pendekatan POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) oleh George R. Kelly, analisis konsep manajemen kurikulum dilakukan. Perencanaan kurikulum diawali dengan evaluasi program sebelumnya, menggunakan analisis SWOT. Pengorganisasian melibatkan struktur organisasi yang jelas, dengan Waka Kurikulum sebagai koordinator utama. Pelaksanaan kurikulum berfokus pada kreativitas siswa dan inovasi dalam pengajaran. Pengawasan dilakukan melalui supervisi internal dan eksternal, evaluasi harian, serta kontrol terhadap hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum di SMA Al Fattah Sidoarjo menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan berorientasi pada siswa. Evaluasi dan pengawasan yang sistematis memberikan dasar untuk peningkatan berkelanjutan. Dengan demikian, manajemen kurikulum yang inovatif di SMA Al Fattah Sidoarjo dapat menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan lainnya dalam mencapai pembelajaran yang optimal.

References

Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280

Daft, R. L. (2010). Era Baru Manajemen Buku 2 Edisi 9. Diterjemahkan Oleh Tita Maria Kanita, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Dakhi, Y. (2016). IMPLEMENTASI POAC TERHADAP KEGIATAN ORGANISASI DALAM MENCAPAI TUJUAN TERTENTU. Warta Dharmawangsa, (50). https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.204

Fatmawati, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 20–37.

Ginanjar, M. H., & Kurniawati, N. (2017). Pembelajaran Akidah Akhlak dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak al-Karimah Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 25. https://doi.org/10.30868/ei.v6i12.181

Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Urgensi Penggantian Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 148–155. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4528

Khunaifi, A. Y., & Matlani, M. (2019). Analisis Kritis Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), 81–102. https://doi.org/10.30984/jii.v13i2.972

Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516

Muhardi, M. (2004). Kontribusi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan, 20(4), 478–492. https://doi.org/10.29313/mimbar.v20i4.153

Namiroh, S., Sumantri, M. S., & Situmorang, R. (2018). PERAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN. PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10161

Pratama, R. Y. (2020). Fungsi-Fungsi Manajemen “POAC.” Universitas Jenderal Achmad Yani.

Rinaldi, R. (2021). Penerapan Analisisi SWOT Dalam Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Di SMK Putra Anda Binjai. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 96–102. https://doi.org/10.51178/cjerss.v2i4.317

Sapari, M., Ginanjar, M. H., & Heriyansyah, H. (2023). MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MULTIMEDIA DI SMK INFORMATIKA BINA GENERASI 3 BOGOR. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 3(1), 153–166.

Terry, G. R. (2021). Dasar-Dasar Manajemen Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Uliatunida, N. (2020). Perencanaan Kurikulum Untuk Mencapai Tujuan Pendidikan. Medikom | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Dakwah, 2(1), 35–48.

Wibowo, S. (2009). Pengantar Manajemen Bisnis.

Yuliana, A. T. R. D., Ramadhani, D. M., Kemala, A. V., Hasibuan, N. B., Utami, O. N., & Widowati, L. (2023). PENGEMBANGAN MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(1), 87–96. https://doi.org/10.24127/att.v7i1.2683

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Aninda Tri Safinatun Najah, & Hikmah Dewi Febriyanti. (2023). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI INOVASI MANAJEMEN KURIKULUM DI SMA AL FATTAH SIDOARJO. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(4), 1102–1111. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/138