POLA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA MADRASAH ALIYAH SWASTA AMALIYAH TANJUNG TIGA

Authors

  • M. Baihaqi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Wasliyah Kota Binjai

Keywords:

Pola Pembelajaran, , Pandemic Covid 19, , Madrasah Aliyah

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan pola pembelajaran  di masa pandemi covid 19 di madrasah aliyah swasta amaliyah tanjung tiga, Ini mengharuskan semua elemen pendidikan untuk beradaptasi dan melanjutkan sisa semester. Tujuan penelitian ini sebagai edukasi kepada pembaca bahwa pada masa pandemic covid 19 aktivitas pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka  namun memanfaatkan teknologi guna memutus mata rantai penularan Covid 19. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah  pendekatan antropologi dan sosiologi, Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara tidak terstruktur, setelah data diperoleh  data dianalisi secara ilmiah. Hasil penelitian yang telah ditemukan menunjukkan bahwa  Pertama, Pembelajaran online menjadi solusi efektif untuk mengaktifkan kelas meski sekolah telah ditutup mengingat waktu dan tempat menjadi beresiko pada masa pandemic ini. Namun, teknik pembelajaran ini penting untuk dievaluasi sesuai dengan kondisi setempat mengingat sebaran fasilitas dan kemampuan orang tua memberikan fasilitas pembelajaran online berbeda kepada peserta didik. Kedua, memanfaatkan tayangan video merupakan media yang tepat untuk digunakan sebagai sumber  bahan ajar pada massa covid 19 sehigga peserta didik dapat belajar dirumah melalui tayangan video tersebut. Ketiga. Pemanfaatan tayangan video dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa dengan durasi waktu berkisaran tiga puluh menit.  Keempat, memanfaatkan media sosial lainnya untuk mendukung pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar di madrasah.

References

Adistiarachma, N., & Purwati, P. (2022). Inovasi Sistem Pembelajaran Masa Pandemi COVID-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di RA Hibah. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 143–156. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v7i2.5797

Aimang, H. A. (2022). Survey Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 5(1), 62. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i1.1608

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Nahariah, N. (2022). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Qiyam, 3(1), 68–72. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v3i1.200

Oktavia, M., Rahma, S., Akmalia, R., Teguh, A., Ramadhani, A., Kusuma, A., & Darmadi, D. (2021). Tantangan Pendidikan Di Masa Pandemi Semua Orang Harus Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 122–128. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1821

Sulistiani, S., Suminto, S., & Suningsih, A. (2021). Pembelajaran Daring dengan Intervensi Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. JURNAL E-DuMath, 7(1), 27–34. https://doi.org/10.52657/je.v7i1.1344

Ziaulhaq, W. (2022). Use of Video Shows as Learning Media During the Covid 19 Pandemic Mass at Madrasah Aliyah Preparations for Besitang Country Penggunaan Tayangan Video Sebagai Media Pembelajaran Pada Massa Pandemic Covid 19 di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri Besitang. 1(1), 47–56.

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

M. Baihaqi. (2023). POLA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA MADRASAH ALIYAH SWASTA AMALIYAH TANJUNG TIGA. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 1(1), 89–98. Retrieved from https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/14

Issue

Section

ARTICLES