PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS V SD NEGERI CENTRE MALINO KABUPATEN GOWA
Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Based learning, Partisipasi AktifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas V SD Negeri Centre Malino Kabupaten Gowa melalui penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan dalam beberapa siklus, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, terdapat beberapa siswa yang kurang aktif dalam mengerjakan tugas kelompok, sehingga partisipasi aktif dalam kelompok menjadi kurang. Namun, pada siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan dalam partisipasi aktif siswa. Seluruh siswa terlibat secara aktif dalam mengerjakan tugas kelompok, mencatat hasil diskusi, serta memberikan masukan atau pendapat untuk menyelesaikan tugas kelompok. Dengan demikian, penerapan PBL dalam pembelajaran di kelas V SD Negeri Centre Malino Kabupaten Gowa memberikan dampak positif dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik. Hal ini dapat membantu siswa untuk menjadi lebih terlibat, motivasi belajar meningkat, dan pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi mereka. Hasil penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dan membangun keterampilan yang relevan untuk menghadapi tantangan di dunia nyata.
References
Inayati, B. F., & Kristin, F. (2018). Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah PGSD. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/3286/2792
Lamalelang, E. (2017). Penerapan Strategi Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Kelas Iv Sd N Sawit The Implementation Of Problem Based Learning Strategy To Increase The Students Active Participation In Civic Education. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi (Vol. 4). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/6648/6414
Mardhiyah, H. R., Aldriani, F. N. S., Chitta, F., & Zulfikar, R. M. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12. https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/article/view/5813/2659
Restisiwi, K., & Istikharoh, L. (2020). Penerapan Problem Based-Learning Melalui Lesson Study Pada Pembelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Dan Kerjasama Siswa Dalam Diskusi Kelompok. In Jurnal Ilmiah Kependidikan: Vol. XIV (Issue 1). https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/viewFile/8466/3379
Sahono, B., Negeri, S., & Bengkulu, U. (2020). Application Of The Problem-Based Learning Model To Increase Student Participation And Learning Achievement. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan. https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/18142/8548
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.
Syahrul, R. (2018). Buku Model Berbasis Problem Based Learning (PBL) Kelas X SMA. https://osf.io/j6dp3/download