ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA DALAM TEKS CERAMAH PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
Keywords:
Kesalahan Berbahasa, Teks ceramah, Siswa Sekolah Menengah AtasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) bentuk kesalahan berbahasa Indonesia dalam teks ceramah, meliputi kesalahan ejaan, diksi, kalimat, dan paragraf pada siswa Sekolah Menengah Atas; (2) faktor penyebab terjadinya kesalahan berbahasa dalam teks ceramah siswa; dan (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan berbahasa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Sampel penelitian ini adalah teks ceramah siswa kelas XI MIPA. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, bentuk kesalahan berbahasa yang ditemukan dalam teks ceramah siswa kelas XI meliputi: kesalahan ejaan; kesalahan diksi; kesalahan penyusunan kalimat; dan kesalahan paragraf. Kedua, faktor penyebab kesalahan berbahasa dalam teks ceramah siswa disebabkan oleh empat faktor, antara lain: penguasaan kaidah kebahasaan siswa yang kurang; ketidaktelitian dalam menulis; kurangnya motivasi menulis; dan kurangnya kosakata siswa. Ketiga, upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan berbahasa dalam teks ceramah siswa, antara lain: melaksanakan pembelajaran menulis dengan pendekatan proses, meningkatkan penguasaan kaidah bahasa siswa dengan membaca, dan memperbanyak latihan menulis.
References
Anjarwati, L., & Sabardilla, A. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Karangan Siswa Sekolah Menengah Pertama.
Anjarsari, N. (2012). “Analisis Kesalahan Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Karangan Mahasiswa Penutur Asing di Universitas Sebelas Maret”. Skripsi tidak dipublikasikan, Program Studi Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Ariningsih, N.E. (2012). “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas”. BASASTRA, Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, Volume 1 Nomor 1, Desember 2012, 130- 141.
Cahyaningrum, W.T. (2010). “Analisis Kesalahan pada Karya Tulis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Andong Kabupaten Boyolali”. Skripsi tidak dipublikasikan, Program Studi Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Fauzia, A. S. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Persuasif Pemelajar BIPA Level Madya. In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 1-11).
Oktaviani, F., Rohmadi, M., & Purwadi, P. (2018). Analisis kesalahan berbahasa indonesia pada karangan eksposisi siswa kelas x mipa (studi kasus di sma negeri 4 surakarta). BASASTRA, 6(1), 94-109.
Prihantoro, S. (2019). Analisis Kesalahan Bahasa Pada Taksonomi Linguistik Dalam Penulisan Insya’. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 41-62.