FAKTOR KETIDAKBERHASILAN METODE SQ3R DALAM MEMBACA BAHAN BACAAN YANG TEBAL
Keywords:
SQ3R, HambatanAbstract
Sebuah tindakan penelitian yang digunakan dalam pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan yang ditemukan dari penelitian memaparkan bahwa metode SQ3R dalam pelaksanaannya tidak selalu berjalan dengan baik. Ada bebarapa hal yang menjadi hambatan dalam penggunaan metode SQ3R. Seperti kurangnya pemahaman secara dasar mengenai bahan ataupun suasana di lingkungan sekitar yang bisa mengganggu kenyamanan saat pelaksanaan metode SQ3R. Masih banyak lagi beberapa faktor yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan metode SQ3R. Dalam membuktikan hal tersebut kami melakukan penelitian ke SMA 6 Tasikmalaya. Kami mengunjungi salah satu kelas yang diarahkan oleh pihak sekolah untuk kami melakukan penelitian. Dalam pengambilan data kami hanya meminta beberapa siswa dari jumlah keseluruhan satu kelas, Untuk dicantumkan dalam penelitian ini. Selain itu ada juga meminta survei dari siswa penilaian mengenai hambatan yang terjadi dalam penggunaan metode membaca menggunakan SQ3R. Jadi berdasarkan hasil yang telah di saat penelitian, menyatakan bahwa penerapan metode SQ3R pada bahan bacaan buku tebal mengalami kegagalan karena adanya beberapa faktor yang menghambat jalannnya proses kegiatan membaca dalam menggunakan metode SQ3R
References
Irma, (2021). Keterampilan Membaca. Bekasi: Pustaka Taman Ilmu
Nurwindasari, & Naassarudin. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI MEDIA EDUKATIF BONEKA TANGAN DI TK IGTKI PGRI HARAPAN BANGSA KABUPATEN PANGKEP. JURNAL INDOPEDIA, vol 1 no. 3 753-761
Syamsiah,dkk., “Penerapan Metode SQ3R (Survey, Read, Recite, Review) untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa VIII A SMP Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bone,” Jurnal Sainsmat, vol. 1 no. 1 (Maret 2012), 105-107.