TANTANGAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DASAR INKLUSI DI KABUPATEN BANYUMAS
Keywords:
children with special needs, special accompanying teachers, inclusive schools, Anak Berkebutuhan Khusus, , Guru Pendamping Khusus, , Sekolah InklusiAbstract
Pendidikan inklusi sebagai sebuah progam dan kebijakan menuntut adanya komitmen yang kuat dari para pemangku kepentingan, khsusunya Pemerintah. Kebijakan tersebut seharusnya terus bergulir seiring dengan semakin tingginya tuntutan masyarakat terhadap pelayanan dalam bidang Pendidikan khusus. Keberadaan sekolah inklusi merupakan upaya pemerintah untuk memperluas jangkauan pelayanan pendidikan khususunya kepada anak-anak penyandang disabilitas, hanya saja tingkat ABK yang masih mampu untuk diterima adalah yang ringan. Pencanangan Kabupaten Banyumas untuk menyelenggarakan Pendidikan inklusi pada sekolah inklusi merupakan upaya untuk memenuhi tuntutan dan tugas tersebut, namun demikian pelaksanaanya belum mampu memenuhi apa yang diharapkan masyarakat dari sebanyak ratusan jumlah sekolah yang dinyatakan siap menyelenggaran Sekolah inklusi dalam realitasnya hanya ada beberapa Sekolah saja yang secara konsisten menerima siswa ABK. Sedangkan selebihnya tidak secara keberlanjutan menerima dan menyelenggarakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yang ditujukan untuk menggali informasi secara lebih mendalam mengenai permsalahan dan tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan Pendidikan dan Sekolah inklusi di kabupaten Banyumas. Penelitian menyimpulkan bahwa, paling tidak terdapat empat tantangan yang harus dihadapi dalam penyelenggaraan Pendidikan inklusi, yaitu; adanya keberagaman siswa ABK yang harus ditangani; keterbatasan sumber daya manusia terutama guru pendamping khusus (GPK); Keterbatasan fasilitas sarana dan prasarana pembelajaran Inklusi dan perlunya inovasi dan modifikasi kurikulum. Kondisi siswa ABK yang bermacam-macam kemampuannya menuntut adanya perlakuan khusus yang tidak serta merta disamakan dengan siswa regular.
References
Agustin, I. (2017). Manajemen Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar Sumbersari 1 Kota Malang. Education and Human Development Journal, 1(1). https://doi.org/10.33086/ehdj.v1i1.290
Ainscow, M., T. Booth, and A. Dyson. 2006. Improving Schools, Developing Inclusion. London: Routledge.
Bahri, Syaiful, (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Halm 94 - 100
Boyce, Carolyn & Palena Neale, 2006, Conducting In-Depth Interviews:A Guide For Designing And Conducting In-Depth Interviews For Evaluation Input,Pathfinder International Tool Series : Monitoring And Evaluation –2: https://nyhealthfoundation.org/wp-content/uploads/2019/02/m_e_tool_series_indepth_interviews-1.pdf
Bungin, Burhan. (2013). Metode Penelitian Sosial & Ekonomi: Format-Format Kuantitatif Dan Kualitatif Untuk Studi Sosiologi, Kebijakan, Publik, Komunikasi, Manajemen, dan pemasara edisi pertama. Jakarta: kencana prenada media goup.
Echeita, G., and M. Ainscow. (2011). “La educación inclusiva como derecho: Marco de referencia y pautas de acción para el desarrollo de una revolución pendiente.” [Inclusive education as a right: framework and guidelines for action for the development of a pending revolution]. Tejuelo 12: 26–46.
Echeita, G., C. Simón, C. Márquez, M. L. Fernández, A. Moreno, and E. Pérez. (2017). “Análisis y valoración del área de Educación del III Plan de Acción para Personas con Discapacidad en la Comunidad de Madrid (2012-2015).” [Analysis and assessment of the Area of Education in the III Plan of Action for People with Disability in the Autonomous Community of Madrid]. Siglo Cero 48 (1): 51–71.
Edward, C., Sopandi, A., & Kasiyati, K. (2018). Pengelolaan Kelas Inklusif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Anak Berkeasulitan Belajar. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(1), 53-58. diunduh dari http://jpkk.ppj.unp.ac.id/index.php/jpkk/article/view/307
Fayaz, R. (2019). Inclusive Education In India: Concept, Need And Benefits. International Journal of Advanced Multidisciplinary Scientific Research (IJAMSR), 2(3), 71-81
Garna, Judistirea. K (1999) Metoda penelitian :pendekatan kualitatif , Bandung : Primaco Akademika,
Goggin, Malcom L, et.all. 1990. Implementation Theory and Practice: Toward Third Generation, Scott, Foiresman/Little, Brown Higher Education, Scott, Foresman and Company, USA
Horton, Douglas, et. all. 2003. Evaluating Capacity Development: Experiences From Research And Development Organizations Around The World. The Netherlands: International Service for National Agricultural Research (ISNAR); Canada: International Development Research Centre (IDRC), the Netherlands: ACP-EU Technical Centre for Agricultural and Rural Cooperation (CTA).
Iswari, Mega (2007). Pendidikan Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Working Paper. FIP UNP, Padang.
Javed, Samia (2015) Impact of Top Management Commitment on Quality Management, International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 5, Issue 8, August 2015
Kemdikbud, 20010, https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/07/kemendikbud-ajak-daerah-tingkatkan-pendidikan-inklusif,
Kementrian Pendidikan Nasional, (2008) Permendiknas Nomor 33 Tahun 2008 tentang standar sarana dan prasarana
Kementrian Pendidikan Nasional, (2009), Permendiknas No. 70 Tahun 2009, tentang pendidikan inklusi
Kovač, Velibor Bobo & Birgit Lene Vaala (2019): Educational inclusion and belonging: a conceptual analysis and implications for practice, International Journal of Inclusive Education, DOI: 10.1080/13603116.2019.1603330
Kumorotomo, Wahyudi, 2002, Etika Administrasi Negara, Jakarta: RajaGrafindo Persada
Lusthaus, Charless, et,.all, 2002. Organizational Assessment. A framework for improving performance. Ottawa: Inter-American Development Bank, Washington DC and International Development Research Centre
Marlia, L. (2018). Manajemen pendidikan inklusif di sekolah Dasar islam terpadu Annida Sokaraja Banyumas. Thesis. https://jurnal.untirta.ac.id
Maulida, E. (2019). Lesson of Inclusive Education Implementation in Jakarta: Availability and Accessibility Issues. Education Quarterly Reviews, 2(1), 172-184
Mayasari, M. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. INKLUSI Journal of Disability Studies, 3(1), 1-18
Messiou, K.( 2017). Research in the Field of Inclusive Education: Time for a Rethink?, International Journal of Inclusive Education, 21 (2): 146–159. doi:10.1080/13603116.2016.1223184.
Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Mohammad Takdir. (2013). Pendidikan Inklusif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Muntaner, J. J., M. R. Rosselló, and B. de la Iglesia. (2016). Buenas prácticas en educación inclusiva.” [Good practices in inclusive education]. Educatio Siglo, XXI 34 (1): 31–50. doi:10.6018/j/252521
Nilholm, C., and K. Göransson. (2017). “=What is Meant by Inclusion? An Analysis of European and North American Journal Articles with High Impact. European Journal of Special Needs Education. 32 (3): 437–451. doi:10.1080/08856257.2017.1295638.
Nurvitasari, S., Azizah, L.Z., & Sunarno, S. (2018). Konsep dan Praktik Pendidikan Inklusi di Sekolah Alam Ramadhani Kediri. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 15-22. doi:https://doi. org/10.23917/indigenous.v3i1.5743
Peters, S. J. (2003). Inclusive education: Achieving education for all by including those with disabilities and special education needs. Washington, The World Bank, 26690, 1-133
Radar Banyumas, (2019) https://radarbanyumas.disway.id/read/13780/2019-seluruh-sekolah-di-banyumas-wajib-beri-layanan-inklusi.
Rahayu, S dkk. 2013 Pelayanan Publik Bidang Transportasi Bagi Difabel di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmu Sosial, Volume 10 Nomor 2.
Rajab, A. (2018). Tugas Pokok Guru Pembimbing Khusus (GPK) di SDN Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(4), 1-48
Rizqianti, N.A. dkk, (2022) Implementasi Tugas Guru Pembimbing Khusus Serta Kendala sebagai Tenaga Pendidik Profesional di Sekolah Inklusi Kota Surabaya, Jurnal Pendidikan kebutuhan Khusus, Vol.6. No.1 2022 pp.67-75. DOI: https://doi.org/10.24036/jpkk.v6i1.609
Sánchez-Teruel, D., and M. A. Robles-Bello. (2013). “Inclusión como clave de una educación para todos: revisión teórica.” REOP. Revista Española de Orientación y Psicopedagogía 24 (2): 24–36
Sastradiharja, E. J., MS, F., & Sutarya, M. (2020). Pendidikan Inklusi di Perguruan Tinggi: Studi Pada Pusat Kajian dan Layanan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Politeknik Negeri Jakarta. Alim Journal of Islamic, I(2), 1–118
Serayu News, (2022), https://serayunews.com/ini-sekolah-yang-menerima-anak-berkebutuhan-khusus-di-banyumas/)11 Desember 2022
Sulistyaningsih, M. (2021). Manajemen Pendidikan Inklusi di SMP Islam Al-Irsyad Cilacap. LPP Al-Irsyad Cilacap
Sulthon, S. (2019). Pendidikan Dasar Inklusif di Kabupaten Pati: Harapan dan Kenyataan. INKLUSI Journal of Disability Studies, 6(1), 151-172
Tarnoto, N. (2016). Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Pada Tingkat SD. Humanitas, 13(1), 50. https://doi.org/10.26555/humanitas.v13i1.3843
Tsang, Vicky, and Libby Cheng. (2017). A Systematic Review of Classroom Interventions to Promote Social Inclusion for Preschoolers with Special Needs in Inclusive Educational Settings. Journal of Emerging Trends in Educational Research and Policy Studies 8 (2): 74–89. doi:10520/EJC-9b959587f.
UNESCO. (2008). Inclusive Education: the Way of the Future. Paris: Author
Walker, V., S. N. DeSpain, J. R. Thompson, and C. Hughes. (2014). Assessment and Planning in k-12 Schools: A Social-Ecological Approach.” Inclusion 2 (2): 125–139. doi:10.1352/2326-6988-2.2. 125.
Wathoni, K. (2013). Implementasi Pendidikan Inklusi dalam Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.21274/taalum.2013.1.1.99-109
Zakia, D. L. (2015), November). Guru Pembimbing Khusus (GPK): Pilar Pendidikan Inklusi. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan UNS 2015, Sebelas Maret University.















